Konser 55 Pramuka Iwan Fals

Penyanyi legedaris Indonesia Iwan Fals mengaku menyesal tidak aktif mengikuti Pramuka saat menempuh pendidikan di sekolah dasar maupun menengah karena belum mengerti manfaat yang didapatnya.

“Saya menyesal saat tahu manfaat ikut Pramuka itu, ternyata sangat luar biasa, seperti membentuk karakter dalam bersikap,” kata Iwan Fals di hadapan puluhan ribu penonton saat konsernya bertajuk “Konser 55 Pramuka” di Lapangan Makodam V/Brawijaya Surabaya, Minggu (5/11/2016) malam.

Iwan Falas bahkan mengaku sering membolos saat sekolah sehingga tak pernah mau ikut masuk dan bergabung bersama rekan-rekannya di Pramuka. Sebagai penebus, dia meminta anaknya yang bernama Raya untuk aktif mengikuti Pramuka di sekolah agar memiliki bekal serta kemampuan untuk hidup mandiri di tengah lingkungannya.

Gubernur Jatim yang juga Kamabida Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Soekarwo beserta istri ikut bernyanyi bersama Iwan Fals

“Saya minta ke istri agar Raya aktif di Pramuka. Tidak seperti saya dulu sering bolos saat Pramuka,” ucap penyanyi bernama lengkap Virgiawan Listanto tersebut. Pada kesempatan konsernya dalam rangka Hari Jadi ke-55 Pramuka itu, Iwan Fals mengaku bangga bisa ambil bagian dari peringatan ulang tahun kali ini, termasuk bernyanyi bersama ratusan Pramuka yang sengaja didatangkan dan duduk di tribun khusus.

Penyanyi sekaligus pencipta banyak lagu tersebut membawakan tiga lagu Pramuka yang dikemas dengan karakter musiknya sendiri, yakni berjudul “Apa Guna Keluh Kesah”, “Di Sini Senang Di Sana Senang”, dan “Kelana Rimba”.

Didampingi Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jawa Timur Kak Saifullah Yusuf, Iwan Fals juga mengaku salut karena berdasarkan data yang dimilikinya, Pramuka di Indonesia tercatat memiliki anggota terbanyak di dunia dengan jutaan anggota.

Menurut Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, ia meminta untuk dilakukan pendataan ulang untuk memperkuat catatan tersebut. “Segera dilakukan pendataan untuk memastikannya. Tapi yang jelas, Pramuka Jatim adalah yang terbesar di Indonesia,” kata Kakwarda Jatim tersebut.

Sementara itu, Iwan Fals tampil dengan membawakan 16 lagu-lagu hitsnya yang dibuka dengan “Buku Ini Aku Pinjam”, kemudian berturut-turut berjudul “Kumenanti Seorang Kekasih”, “Maaf Cintaku”, “Belum Ada Judul”, “Sore Tugu Pancoran”, “Siang di Seberang Istana”, “Kuda Lumping”, dan “Air Mata Api”.

Selanjutnya lagu berjudul “Pesawat Tempurku”, “Mata Dewa”, “Antara Kau Aku dan Bekas Pacarmu”, “Izinkan Aku Menyayangimu, “Bento”, “Ibu”, “Di Bawah Tiang Bendera”, dan ditutup dengan “Kemesraan”.

Pada dua lagu terakhir, Kakwarda Jatim Kak Saifullah Yusuf ikut menyumbangkan suaranya. Pada lagu penutup, bersama-sama bernyanyi Gubernur Jatim Soekarwo beserta istri, Saifullah Yusuf beserta istri, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana juga beserta istri. (roni)

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *