Bisa melakukan perjalanan ke luar negeri tentunya sangat menyenangkan. Terlebih negara yang dikunjungi adalah negara Amerika Serikat. Terlebih lagi perjalanan ke Amerika Serikat dilakukan secara gratis dan bersama-sama dengan 10 orang adik didik Pramuka di gugusdepan pangkalan SDN 4 Penganjuran, Banyuwangi.

“Sangat menyenangkan dan membanggakan bisa melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.  Saya sebelumnya bahkan gak pernah membayangkan bisa ke luar negeri. Berkat Pramuka bisa ke luar negeri. Ke Amerika Serikat. Adik-adik sangat excited pula,” kata Kak Niluh Made Megawati, pembina Pramuka Gugusdepan Brawijaya 01.134 pangkalan SDN 4 Penganjuran, Banyuwangi.

Selama di Amerika Serikat, Niluh dan regu Pramuka penggalang putri jawara Indonesia Scouts Challenge 2016 mengunjungi banyak tempat yang sangat fenomenal. “Kami mengunjungi Disneyland di California. Kami juga mengunjungi Hollywood sign di Los Angeles. Banyak lagi tempat keren yang kami kunjungi,” terang Kak Niluh Made Megawati yang lahir pada 21 Januari 1988.

Sementara itu, Kak Niluh menjelaskan bahwa untuk menjadi regu putri juara Indonesia Scouts Challenge 2016 bukan perkara mudah. “Kami harus mengalahkan ribuan regu penggalang. Kami juga harus menyiapkan regu tangguh yang siap menghadapi beragam tantangan yang disajikan,” ujar pembina Pramuka yang hobi nonton ini.

Menurutnya, tantangan terbesar adalah menyiapkan kekompakan seluruh anggota regu. “Dalam Indonesia Scouts Challenge 2016 itu semua adalah diperuntukkan buat tim. Jadi supaya mereka berhasil melakukan tantangan yang akan dihadapi yang utama adalah menyiapkan kekompakan mereka. Masing-masing anggota regu harus menghilangkan egoismenya,” lanjut Kak Niluh.

Contohnya pada tantangan pionering. “Mereka berbagi tugas menyelesaikan bagiannya masing-masing,” kata Kak Niluh. Persiapan fisik dan mental juga terus disiapkan melalui beragam bentuk latihan. “Kita berlatih dari pagi sampai sore terus malam latihan lagi untuk pentas seni. Karena waktunya cukup singkat, maka adik-adik berlatih setiap hari termasuk Minggu,” terang Kak Niluh. Bahkan H-1 sebelum berangkat, regu penggalang binaan Kak Niluh juga sempat latihan bersama regu putra Rogojampi. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *