Pada Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Penegak dan Pandega (Peran Saka) Nasional 2015 di Kendari, Sulawesi Tenggara, dia menjadi salah satu peserta Jawa Timur, tepatnya dari Kwarcab Kota Madiun. Dia mewakili Saka Kencana yang aktif diikutinya saat penegak. Dialah Jaka Nusantara, seorang Pramuka Penegak Garuda dari Gugusdepan Kota Madiun 02-073.

Jaka mengikuti Pramuka sejak masih siswa SD dan lanjut SMP. “Saya mengikuti pramuka terus. Sayang jika SMA harus tidak aktif mengikuti Pramuka lagi. Yang pasti berbeda golongan dari siaga dan penggalang. Pramuka penegak pasti beda juga pengalaman yang bisa dirasakan,” terang Jaka yang tinggal di Asrama Para Raider 51 KOSTRAD Kota Madiun ini.

Pengalaman yang paling unik menurut Jaka Nusantara adalah Kemah Pelantikan Bantara di Pesisir Pantai Srau Pacitan. “Selama 4 hari kami berkemah, dimana saya laki-laki sendiri di sangga kerja karena rekan saya laki-laki berhalangan. Yang pasti dimana saya laki-laki sendiri pasti berat sekali tanggung jawabnya. Tapi karena sudah cinta Pramuka ya semangat melaksanakannya,” kata Jaka Nusantara yang lahir di Magetan, 7 September 1998.

Sebagai Pramuka Garuda, Jaka mengaku dituntut untuk kerap memberikan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari. “Saya berusaha menjadi contoh yang baik di depan teman-teman. Contoh kecilnya, mengingatkan teman bila melanggar peraturan sekolah seperti menggunakan seragam tidak sesuai,” terang Jaka Nusantara.

Mengenai kegiatan Pramuka di sekolahnya, SMAN 1 Kota Madiun, Jaka menjelaskan bahwa yang aktif Pramuka di sekolahnya sedikit. “Mungkin karena di sekolah saya banyak sekali extrakurikuler dan dimana extrakurikuler yang lain itu baru dan jarang dijumpai saat SMP,” jelas Jaka Nusantara yang juga pemangku adat Dewan Ambalan Pattimura.

Sama seperti di umumnya sekolah, Pramuka di SMAN 1 Kota Madiun wajib diikuti oleh siswa kelas 1. “Pramuka sekolah kami sangat banyak mengukir prestasi lho. Siswa kelas 1 wajib ikut Pramuka. Kami sudah biasa dengan kuantitas senior yang sedikit tapi banyak prestasi. Siswa kelas 2 dan 3 menjadi extrakulikuler,” terang Jaka Nusantara.

Menjadi Pramuka Penegak Garuda bagi Jaka adalah suatu anugerah. “Saya sangat bersemangat menempuh Pramuka Garuda, karena itu penghargaan yang pantas diraih. Sayang kalau nggak digapai. Kerennya, semua pengurus Dewan Ambalan Pramuka Penegak SMAN 1 Kota Madiun semuanya Pramuka Penegak Garuda,” jelas Jaka yang pernah menjadi peserta Peran Saka Cabang Kota Madiun 2014 ini. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *