Gerakan Bersih Kali Asem Sambut Festival Kampung Kelir di Lumajang

Pemerintah Kabupaten Lumajang dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang terus melakukan persiapan menyongsong penyelenggaraan Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” zona Lumajang dan Jember, di Rogotrunan, Tompokersan, Lumajang pada 5-8 April 2017.

Yang terbaru, sekitar 5000 orang dari berbagai elemen masyarakat dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama melakukan Gerakan Bersih Kali Asem, Lumajang, Jumat (31/3). Kali Asem yang menjadi lokasi bersih-besih adalah sungai yang berada di sekitar lokasi pelaksanaan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Lumajang.

Dikatakan oleh Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang Kak Prio Utomo bahwa pasca Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka  Lumajang juga akan ditindaklanjuti dengan lebih luas area dan ruang lingkupnya. “Festival ini sangat positif karena memberikan manfaat bukan hanya kepada Pramuka itu tetapi juga bagi masyarakat,” kata Kak Prio Utomo.

Berbagai elemen masyarakat dan satuan kerja perangkat daerah Pemkab Lumajang ikut serta Gerakan Bersih Kali Asem Lumajang

Bagi Pramuka, menurut Kak Prio, Festival Kampung Kelir ini mengajarkan tentang kepedulian terhadap masyarakat sebagai karya nyata wujud dari satya dan darma Pramuka. “Bagi masyarakat, jelas dengan kegiatan ini masyarakat sangat terbantu dalam penataan kampungnya untuk menjadi kampung yg bersih dan dan indah,” jelas Kak Prio Utomo.

Ditambahkan oleh Andalan Cabang Kwarcab Lumajang Kak Puguh Budi Laswono bahwa saat ini Lumajang sedang menata kawasan sekitar alun-alun. “Pasca Festival Kampung Kelir di Lumajang akan ditindaklanjuti oleh program Pemkab Lumajang dikomando Bappeda akan melaksanakan normalisasi sungai dan dilanjutkan KOTAKU atau Kota Tanpa Kumuh dengan melebarkan jalan di pinggir sungai agar bisa membuat rumah menghadap ke sungai,” tambah Kak Puguh Budi Laswono. (roni)

Keterangan foto utama: Anggota Pramuka Kwarcab Lumajang juga ikut serta Gerakan Bersih Kali Asem Lumajang, Jumat (31/3)

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares