Hari Ketiga Ini, Target Pengecatan Zona Jombang Tuntas

Debit air Sungai Gode yang melintas di sepanjang Jalan Abdurrahman Soleh Jombang meningkat pagi ini,  Rabu (19/4). Peningkatan debit air sungai itu terjadi pasca hujan lebat yang mengguyur Jombang sore hingga malam kemarin. Namun, aktivitas pengecatan terus dilakukan oleh para peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 zona Jombang pagi ini.

Mochammmad Ragil Rochmad Adzim,  peserta dari Kwarcab Jombang nampak berdiri di atas plengsengan sungai itu sambil salah satj tanggannya yang memegang wadah cat berpegang pada bagian atas plengsengan. Sesekali dia nampak berkomunikasi dengan rekan timnya dalam bakti pengecatan. Dia mengaku merasa tidak takut jatuh, karena plengsengannya cukup landai untuk berpijak.

“Pada hari ketiga ini kami melanjutkan pengecatan plengsengan sungai ini. Pada hari pertama,  tim saya melakukan pengecatan lantai  jembatan dan pagarnya. Pada hari kedua kemarin tim saya melakukan membantu pengecatan rumah warga,” kata Mochammmad Ragil Rochmad Adzim yang juga anggota Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting (DKR)  Kesamben,  Jombang. Pada plengsengan itu, Adzim dan timnya juga menuliskan pesan peduli kebersihan sungai.

Peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 Jombang menghias dinding rumah warga dengan mural

Nur Afni Aulia,  peserta dari kontingen Kota Mojokerto,  mengecat jalan di tepian Sungai Gode pada hari ketiga ini. “Pada hari pertama,  tim saya mengecat dinding rumah warga di pinggiran sungai ini. Pada hari kedua kemarin kami mengecat pagar rumah warga yang sama dan jalan,” kata Nur Afni Aulia.

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 di Jombang juga menjadi momen bagi peserta untuk mengajari anak-anak yang tinggal di lokasi cara mengecat. Mada Rusdiawan Satoto,  peserta dari Kwarcab Nganjuk nampak mengajari Faisal, 12 tahun, dan Azar, 12 tahun. “Ada dua anak ini yang minta diajari mengecat,” kata Rusdiawan Satoto.

Sementara itu,  disampaikan oleh Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kabupaten Jombang Kak Yanuar bahwa hari ketiga ini diharapkan pengecatan tuntas dilakukan peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 Jombang, yang diselenggarakan oleh Kwarda Jatim dan Pemprov Jatim, serta didukung oleh PT Jawa Pos dan PT Mataram Paint produsen cat Emco ini.

Salah satu dinding rumah warga yang dihias mural

“Kami targetkan pada hari ketiga ini pengecatan bisa tuntas dilakukan.  Hujan deras yang mengguyur Jombang kemarin sore hingga malam mengharuskan kami melakukan penebalan pengecatan yang sudah dilakukan sebelumnya,” jelas Yanuar.  Sedangkan pengecatan atap,  menurut Yanuar,  masih belum dilakukan karena masih harus memastikan atap yang kuat dan tidak lembab.  (ron)

Keterangan foto utama: Peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 Jombang mengecat jembatan pada hari ketiga, Rabu (19/4/2017)

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *