Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Jawa Timur menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 20.000.000,- kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kabupaten Ponorogo. Bantuan dana tersebut untuk operasional Pramuka Peduli penanganan bencana longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo.

Penyerahan bantuan diserahkan oleh Ketua Brigade Penolong 13 Kwarda Jatim Kak Dian Harmuningsih kepada Kakwarcab Ponorogo Kak Soedjarno, yang juga wakil bupati Ponorogo, Selasa (23/5) di ruang kerja wakil bupati Ponorogo. “Bantuan kali ini bukan berupa barang, tetapi dana agar lebih mudah digunakan dengan efektif dan efisien,” kata Kak Dian Harmuningsih.

Kak Dian, yang didampingi Andalan Daerah Kwarda Jatim urusan Lingkungan Hidup Kak Mochamad Zamroni, menyampaikan apresiasinya kepada Brigade Penolong 1303 Kwarcab Ponorogo. “Brigade Penolong 1302 Kwarcab Ponorogo luar biasa tanggap dan tangguh dalam membantu penanganan pasca bencana longsor Ponorogo,” ujar Kak Dian, yang juga andalan daerah Kwarda Jatim urusan abdi masyarakat.

Kak Soedjarno menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Kwarda Jatim untuk Pramuka Peduli Kwarcab Ponorogo. “Selama ini Pramuka Ponorogo menjadi yang terdepan penanganan bencana dan pengabdian masyarakat. Semoga akan terus demikian,” kata Kak Soedjarno.

Disampaikan oleh Kak Soedjarno bahwa banyak daerah yang hingga saat ini rawan bencana longsor di Ponorogo. “Di Kecamatan Ngebel ada Desa Talun, Desa Wagir Lor dan Desa Kemiri yang rawan longsor. Di Kecamatan Pulung ada di Desa Banaran dan Bekiring. Di Kecamatan Sooko ada di Desa Jurug dan Ngadirojo. Desa Sawo, Desa Pangkal, Desa Temon, Desa Sriti di Kecamatan Sawo,” terang Kak Soedjarno.

Bencana longsor juga rawan terjadi di 19 desa yang ada di Kecamatan Ngrayon. “Di Kecamatan Slahung ada di Desa Slahung, Desa Tugurejo dan Desa Wates. Ada juga di Desa Dayahan Kecamatan Badegan dan Desa Poj Ijo Kecamatan Sampung,” jelas Ketua Kwarcab Ponorogo Kak Soedjarno.

Sementara itu, bencana banjir rawan terjadi di Desa Kauman Kecamatan Kauman, Desa Maguhan Kecamatan Sambit, Desa Ngasinan Kecamatan Jetis, Desa Nambak Kecamatan Bungkal, Desa Bajang Kecamatan Balong, Desa Pondok Kecamatan Babadan, Desa Paju dan Desa Pakunden Kecamatan Kota Ponorogo, dan Desa Betor Kecamatan Siman. (ron)

Keterangan foto: Simbolis penyerahan bantuan dana operasional penanganan bencana longsor Ponorogo dari Kwarda Jatim kepada Kwarcab Ponorogo. Foto: Mochamad Zamroni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *