Penghargaan berupa traveling ke Amerika Serikat adalah kebanggaan yang luar biasa. Kebanggaan bagi individu yang sudah dewasa. Kebanggaan bagi individu pemuda. Kebanggaan juga bagi individu yang masih anak-anak.

Kebanggaan yang sama juga dirasakan oleh anggota regu putri Pramuka Gudep pangkalan SDN 4 Penganjuran Banyuwangi. Regu mereka yang menjuarai Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2016 seri nasional.

Bagi Jessica Maharani, ketua regu putri Pramuka Penggalang juara ISC 2016 itu, perjalanannya ke Amerika Serikat membuatnya semakin bersemangat mengejar cita-cita sebagai seorang diplomat hebat.

Jessica saat beraktivitas bersama Scout America

“Saya bercita-cita menjadi seorang diplomat Indonesia yang hebat. Melakukan perjalanan ke banyak negara untuk membawa pesan perdamaian dari Indonesia adalah hal yang ingin saya wujudkan. Perjalanan ke Amerika Serikat sebagai juara nasional ISC 2016 sangat asyik,” terang Jessica Maharani, yang juga siswa kelas 6 SDN 4 Penganjuran Banyuwangi ini.

Selama sepekan di Amerika Serikat pada November 2016 lalu, Jessica mengunjungi banyak tempat dan melakukan banyak kegiatan. “Saya main salju di Big Bear Lake di California. Bisa seluncuran menggunakan ban di danau yang berubah airnya menjadi es itu sungguh mengasyikkan,” kata Jessica yang hobi bermain tenis lapangan ini.

Mimpi bermain sepuasnya di Disneyland, California, menjadi mimpi yang terealisasi lebih awal bagi Pramuka Penggalang Ramu kelahiran Banyuwangi, 26 November 2004 ini. Banyak wahana permainan yang dicoba oleh Jessica dan teman-teman regu Pramuka Penggalang putrinya.

Sudah enam bulan berlalu, sejak traveling regu juara nasional ISC 2016 yang diselenggarakan PT Jawa Pos bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, serta didukung oleh Kwarda Jatim, Kwarda Jateng, Kwarda DKI Jakarta, Kwarda Jawa Barat, Kwarda Banten, Kwarda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kwarda Bali ini.

Jessica bersama Kakwarcab Banyuwangi yang juga Wakil Bupati Banyuwangi saat di Amerika Serikat

“Perjalanan ke Disneyland kami ditutup dengan tontonan parade ikon-ikon dari Disneyland. Seru deh pokoknya. Serasa gak cukup hanya seharian mengunjungi Disneyland,” kata Jessica yang pernah meraih medali emas dan perunggu Porseni SD Kabupaten Banyuwangi 2016 cabang olah raga tenis lapangan ini.

Banyak perubahan sikap positif yang dialami Jessica. “Kini Jessica sudah tumbuh gede. Jessica semakin bersemangat ikut ekstra kurikuler Pramuka. Dia semakin percaya diri ngajarin adik-adik kelasnya yel-yel penyemangat Pramuka,” kata Kak Niluh Made Megawati, pembina Pramuka yang mendampingi Jessica dan regunya ke Amerika Serikat.

Bagi orang tuanya, Jessica juga semakin menjadi pribadi yang tangguh sepulang dari perjalanan ke Amerika Serikat. “Dulu Jessica dikenal sebagai anak yang pendiam. Dulu kalau di rumah, Jessica dikenal kutu buku. Tapi sekarang jadi sering bersosialisasi dengan teman-temannya,” kata Wahyu Kristin Natalia, orang tua Jessica. (ron)

One thought on “Jessica Maharani, Ketua Regu Putri Juara ISC 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *