BINAR BINTANG PUTRA ANANTA, Ketua DKD Jawa Timur 2016 – 2020

Penampilannya kalem. Tutur bicaranya teratur. Pemikirannya untuk pengembangan Pramuka Penegak dan Pandega di Indonesia disegani di kalangan Pramuka Penegak dan Pandega se Indonesia. Binar Bintang Putra Ananta, namanya. Dialah ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega  Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (DKD) Jawa Timur masa bakti 2016-2020.

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 menjadi salah satu program dalam pengelolaan DKD Jawa Timur di bawah kepemimpinannya.  “Melalui Festival Kampung Kelir Pramuka Jawa Timur 2017 mari kita masyarakatkan Pramuka dan Pramuka-kan masyarakat,” kata Binar pada Prosesi Malam Sandi Ambalan Brawijaya pada Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka di Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Senin (3/4). Prosesi itu

Kata-kata Ketua DKD Jatim Binar itu seolah menjadi tambahan semangat bakti bagi 1000 orang Pramuka Penegak dan Pandega dari Kwarcab Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso, yang seolah lelah menunggu hujan lebat selama beberapa jam yang tidak kunjung berhenti.

Binar saat memandu puncak Festival Kecerdasan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 di Banyuwangi

Ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwarda (DKD) Jawa Timur Binar Bintang Putra Ananta mengatakan bahwa tren remaja dan pemuda saat ini mengunjungi tempat wisata yang baru dan unik. “Saat ini sedang trending tempat wisata Gembok Cinta dan Kampung Warna,” kata Binar, sapaan Binar Bintang Putra Ananta.

Melalui Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka, Pramuka Penegak dan Pandega yang menjadi ujung tombak program ini tidak hanya diajak mengecat rumah-rumah dan kampung. “Melalui Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Penegak dan Pandega Jawa Timur juga diajak menciptakan suasana wisata secara fisik dan mental. Penegak dan Pandega juga diajak mempromosikannya,” ujar Pramuka lulusan S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Surabaya ini.

Promosi yang dimaksud Binar diantaranya dengan update status masing-masing peserta melalui akun media sosial facebook, instagram dan twitter. “Jangan lupa terus sertakan #kampungkelirpramuka #festivalwirakarya2017 #dkdjatim #jatimguyub #kwardajatim dengan menyertakan aktivitas dan foto kegiatan kampung kelir yang menjadi lokasi bakti,” jelas Binar Bintang.

Binar Bintang Putra Ananta saat memimpin prosesi Adat Ambalan Brawijaya diikuti Kakwarda Jatim Saifullah Yusuf dan Kamabicab Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Menurut Pramuka Pandega kelahiran Pasuruan, 11 April 1993 ini,  Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jatim 2017 tidak akan optimal tanpa partisipasi masyarakat.  “Masyarakat harus memiliki perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Binar Bintang Putra Ananta yang tinggal di Jalan Sumbersuko Gang Nanas RT. 01 RW.09 No. 382, Kelurahan Lawang, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang ini.

Pramuka Penegak dan Pandega di wilayah tuan rumah, khususnya Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang (DKC) kabupaten/kota tuan rumah festival juga harus mengawal festival ini. “DKC sebaiknya terus mengawal lokasi yang menjadi target bakti setelah pelaksanaan festival,” terang Binar.

Ditambahkan oleh Binar, bahwa festival ini digelar di 11 zona.  Banyuwangi,  Lumajang,  Malang,  Trenggalek,  Kota Kediri,  Sumenep,  Jombang,  Probolinggo, Gresik dan Sidoarjo. “Masing-masing zona memiliki keunikan dan tantangan yang berbeda. Pembukaan di Bojonegoro dengan 500 lampion. Jombang dengan pengecatan banyak fasilitas umum,” kata pemilik motto “Berhentilah Berhenti” ini. (ron)

Binar bersama Waka Kwarda Jatim AR Purmadi dan Ketua Dewan Kerja Nasional Yudha Adhyaksa pada pembukaan Siparda Jatim 2017

Berbagi

One thought on “BINAR BINTANG PUTRA ANANTA, Ketua DKD Jawa Timur 2016 – 2020

  • May 8, 2017 at 3:03 pm
    Permalink

    Hari ini Pramuka membangun TENDA
    Esok hari Pramuka membangun DUNIA

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares