Menag Lukman Hakim Resmikan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional 2017 Bangka Belitung

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin membuka Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Selasa (16/5). Dalam sambutannya, Lukman menegaskan komitmennya untuk mengembangkan Pramuka di madrasah dan pondok pesantren.

“Kemenag dan jajaran madrasah punya komitmen yang tinggi agar Gerakan Pramuka kita jaga dan kita rawat, tapi juga kita kembangkan sehingga Pramuka kita mampu menghadapi situasi bangsa kita dengan penuh kearifan,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat pembukaan perkemahan ini di Bumi Perkemahan Selawang Segantang, Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Dijelaskan oleh Menag Lukman Hakim bahwa tradisi baik akan terus dijaga di Kementerian Agama.  “Kami di Kemenag menjaga tradisi yang baik, yaitu menjaga perkemahan Pramuka tidak hanya di kalangan madrasah, tapi juga di pondok pesantren dan perguruan tinggi di Tanah Air,” kata Lukman Hakim.

Pemukulan bedug oleh Menag Lukam Hakim, Kakwarnas, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag dan Wagub Bangka Belitung sebagai tanda dimulainya PPMN 2017

Sebelumnya, Lukman sempat menaiki mobil jip untuk memeriksa kerapian barisan. Dalam upacara pembukaan PPMN 2017 tersebut, hadir pula Ketua Kwarnas Pramuka Kak Adhyaksa Dault, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amir, dan Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah. Mereka lalu memukul beduk bersama sebagai tanda resmi dibukanya PPMN III.

Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Agama Republik Indonesia itu dimulai pada 14 Mei hingga 20 Mei 2017. Kegiatan yang diperuntukkan bagi Pramuka Penegak tingkat madrasah aliyah tersebut diikuti oleh lebih dari 800 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi mengirim 20 orang yang terdiri atas putra dan putri. Sementara itu, kontingen cabang se-Provinsi Bangka Belitung mengirimkan 32 orang, yang terdiri atas putra dan putri.

Kontingen putra dan putri Jawa Timur pada PPMN 2017 ini diwakiliki wilayah kerja Madiun. Mereka lolos seleksi tingkat Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan pada 27-29 Maret 2017 di Trawas, Mojokerto.

Tapak perkemahan kontingen putra Jawa Timur pada PPMN 2017

Dijelaskan oleh Kak Ahmad Yacob, pimpinan kontingen daerah Jawa Timur yang juga staf Kwarda Jatim, bahwa jumlah kontingen Jatim pada PPMN 2017 ini adalah 24 orang. Mereka terdiri dari 8 orang peserta putra, 8 orang peserta putri, 2 orang pimpinan kontingen, dan 4 orang support team. “Kontingen Jatim sudah sampai di bumi perkemahan pada Minggu, 14 Mei 2017,” kata Kak Yacob.

Pembina pendamping kontingen putri Kak Yuni Widyaningrum mengatakan bahwa kontingen Jatim pada PPMN 2017 ini siap menjadi kontingen terbaik. “Sesampainya di lokasi dan bertemua dengan kontingen dari seluruh Indonesia, semangat kontingen Jatim semakin membara dan semakin kompak,” ujar Kak Yuni. (roni)

Keterangan foto utama: Tapak perkemahan kontingen putri Jawa Timur pada PPMN 2017 Bangka Belitung

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares