Pramuka pangkalan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menggelar Bakti Masyarakat dan Syiar Ramadhan 1438 Hijriyah. Program bertema “Together make it love, forever making you smile” ini akan dilaksanakan pada 17 – 23 Juni 2017 di Dusun Cangkringan, Desa Cangkringsari, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.

“Beragam agenda akan digelar selama sepekan pelaksanaan bakti Pramuka UINSA ini. Agenda tersebut adalah buka bersama, sahur bersama, penyuluhan pertanian, pembuatan kandang ternak, penghijauan di area dusun, pengecekan abate dan pembuatan lubang resapan biopori,” kata Kak Abdurrahman Marzuki, ketua panitia.

Ada juga agenda lomba keagamaan dan akademis anak-anak, pengajian akbar, tadarus Al Quran, sholat tasbih, pengecatan musholla dan masjid, dan pembuatan prasasti. Ada juga bakti sosial, olahraga, dan ngabuburit.

Dijelaskan oleh Kak Abdurrahman Marzuki bahwa peserta kegiatan ini sebanyak 40 orang Pramuka UINSA dari angkatan 2016. Sedangkan panitianya adalah angkatan 2014 dan 2015 sebanyak 25 orang. Selama sepekan itu, anggota Pramuka UINSA akan menetap di salah satu rumah warga di Dusun Cangkringan.

Kak Abdurrahman Marzuki menambahkan bahwa bakti bakti masyarakat dan syiar Ramadhan ini sudah digelar sejak beberapa tahun lalu. “Kami di sana sudah merintis selama 2 tahun. Nah ini tahun yang ketiga. Rencananya kita mau membuat desa binaan. Progam ini sudah masuk di rapat kerja akan ada rencana tindak lanjut selama 4 tahun ke depan,” terang Kak Abdurrahman Marzuki. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *