Tunas Hijau bersama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya dan Novotel Hotel & Suites Surabaya kembali menyelenggarakan Ngabuburit Sambil Ngebor Biopori. Aksi kedua Ramadhan 1438 Hijriyah ini akan diselenggarakan pada Jumat, 9 Juni 2017 pukul 15.00 WIB di Novotel Hotel & Suites Surabaya, Jalan Raya Ngagel 173-175 Surabaya.

Berbeda dengan aksi pertama Sabtu (3/6) lalu yang digelar terbuka umum, aksi kedua ini terbatas pesertanya. Bila aksi pertama diikuti oleh lebih dari 250 orang peserta, aksi kedua di Novotel Surabaya ini hanya akan diikuti oleh maksimal 100 orang peserta saja. Sebab, lokasi kegiatan di Novotel, yang merupakan hotel bintang empat dan lahannya terbatas.

Aksi ngebor biopori sambil menunggu buka puasa ini akan dimeriahkan dengan doorprizes atau undian berhadiah. Beberapa voucher makan gratis Novotel Hotel & Suites Surabaya akan menjadi hadiah utama undian yang akan dilaksanakan pasca aksi biopori ini.

Lubang resapan biopori yang akan dibuat bisa mencapai kedalaman 1 meter. Bila menemui batu, makan bisa menggunakan alat bantu berupa linggis. Lubang tersebut selanjutnya diisi dengan sampah organik khusus sisa makanan.

Aksi biopori ini digelar dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Bagi Novotel Hotel & Suites Surabaya, yang merupakan bagian dari Accor Group Hotels, aksi biopori ini sebagai realisasi kampanye Stop Food Waste mereka. Bagi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, aksi ini merupakan bagian dari Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jatim 2017. Sedangkan bagi Tunas Hijau, aksi biopori ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kuaitas lingkungan hidup dan upaya zero waste yang merupakan tema Surabaya Eco School 2017. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *