Kontingen Putri Ponorogo Juara Robotika LT IV Jatim 2017

Kontingen putri Lomba Tingkat IV Jawa Timur 2017 dari Kwarcab Ponorogo nomor regu 04 menjadi pemenang lomba robotika yang digelar di salah satu sekolah di sekitar Bumi Perkemahan Sumberboto, Jombang, Minggu (9/7). Lomba robot pelacak garik (lice tracer) itu digelar di ruangan tertutup dengan 10 tim peserta putri yang telah dinyatakan lolos verifikasi.

Kontingen putri Kwarcab Ponorogo tim robot yang memenang lomba robotika ini adalah Amanda Zulfi Kurnia Tsani dan Amelia Puspita Wardani. Mereka adalah Pramuka Penggalang dari Regu Lili Gudep 02088 pangkalan MTsN Ponorogo. Robot buatan Amanda dan Amelia mengalahkan setiap robot dari regu yang lainnya.

Amelia dan Amanda, tim robotika kontingen Ponorogo yang menjadi pemenang lomba robotika LT IV Jatim 2017

Fadlurrohman Thoriq, ketua seksi lomba robotika LT IV Jawa Timur 2017, mengatakan bahwa tidak semua tim robotika LT IV Jatim 2017 bisa tampil pada tahap ini. “Banyak tim robotika yang tidak lolos verifikasi yang kami lakukan pada malam pertama, Sabtu (8/7),” kata Thoriq.

Menanggapi kemenangannya, Amanda dan Amelia, tim robotika Ponorogo, mengaku sangat bangga. “Waktu kami melakukan persiapan sama dengan tim dari kwarcab yang lainnya. Kami mendatangkan tenaga dari luar gudep untuk mengajari kami robotika,” ujar Amanda dan Amelia.

Tahap final lomba robotika LT IV Jatim 2017 putri

Mereka mengaku bahwa sebelumnya tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan robotikan pada latihan rutin yang dilaksanakan di gugusdepan pangkalannya. “Sepertinya akan asyik bila robotika dijadikan salah satu materi latihan rutin Pramuka di gugusdepan. Kami siap mengajari adik-adik kami membuat robot,” tambah Amelia.

Sementara itu, Fadlurrohman Thoriq menyampaikan bahwa robotikan mengasyikkan untuk dijadikan salah satu materi latihan rutin di gugudepan. “Kendalanya selama ini adalah keterbatasan kemampuan dari pembina dan pelatih mengenai kompetensi ini. Bisa disiasati dengan mengundang narasumber dari luar, seperti gudep pangkalan perguruan tinggi,” lanjut Troriq. (ron)

Keterangan foto utama: Sebagian tim robotika putri LT IV Jatim 2017 dengan robot line tracer mereka. Foto: Mochamad Zamroni

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *