Kota Madiun, Bangkalan dan Sampang Absen LT IV Jatim 2017

Pelaksanaan Lomba Tingkat IV Regu Pramuka Penggalang (LT IV) Jawa Timur 2017 dimulai, Sabtu (8/7/2018). 35 regu putri dan 34 regu putra dari seluruh Jawa Timur mengikuti giat prestasi yang menjadi agenda rutin setiap 4 tahun ini. Bupati Jombang, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Jombang Kak Nyono Suharli Wihandoko membuka LT IV Jatim 2017 ini.

Dalam laporannya, Wakil Ketua Binamuda Kwarda Jatim Kak Hariadi Purwantoro, yang juga ketua panitia LT IV Jatim 2017, menyampaikan bahwa lomba tingkat adalah lomba yang digelar berjenjang. Peserta LT IV adalah regu Pramuka Penggalang yang menjadi juara I Lomba Tingkat III masing-masing kota/kabupaten.

“Selanjutnya juara I putra dan putri akan menjadi wakil Jawa Timur pada Lomba Tingkat V 2017 Nasional yang akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta pada Oktober 2017,” ujar Kak Hariadi Purwantoro.

Kak Hariadi menyampaikan bahwa kwartir cabang yang tidak mengikutsertakan kontingennya adalah Sampang, Kota Madiun dan Bangkalan. Sedangkan kontingen putra dari Kota Pasuruan membatalkan keikutsertaannya tiga hari menjelang pelaksanaan LT IV Jatim 2017.

Dalam sambutan pembukaannya mewakili Kakwarda Jawa Timur Kak Saifullah Yusuf yang berhalangan hadir, Bupati Jombang Kak Nyono Suharli Wihandoko mengatakan bahwa LT IV adalah kegiatan yang menantang, berkelompok dan berkompetensi. “Hal tersebut merupakan metode pendidikan yang efektif dalam mencapai tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka,” kata Kak Nyono.

Ditambahkan oleh Kak Nyono bahwa tema Mandiri, Bersahabat dan Berprestasi harus menjadi cerminan masing-masing anggota regu peserta LT IV Jatim 2017. “Mandiri berarti tidak bergantung pada orang lain, termasuk juga tidak bergantung kepada kakak pembinanya dalam penyelesaian tugas dan kebutuhan setiap harinya,” ujar Kak Nyono yang mengenakan seragam Pramuka.

Bersahabat berarti seluruh peserta diajak mencari sahaba sebanyak mungkin. “Berlombalah dengan jujur dan penuh kasih sayang karena kalian berlomba dengan sahabat, bukan berlomba dengan musuh,” lanjut Kak Nyono Suharli Wihandoko. Sedangkan berprestasi bukan berarti menang atau mengalahkan sahabatnya, namun menunjukkan prestasi dengan baik. (ron)

Keterangan foto: Perwakilan peserta LT IV Jatim 2017 mengibarkan bendera LT IV Jatim 2017. Foto: Mochamad Zamroni 

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares