Regu Putra Kediri dan Regu Putri Banyuwangi Juarai LT IV Jatim 2017

Regu Pramuka Penggalang King Cobra dari Kwartir Cabang Kabupaten Kediri berhasil membuktikan diri sebagai regu putra terbaik di Jawa Timur melalui Lomba Tingkat IV Regu Pramuka Penggalang (LT IV) Jawa Timur 2017. Sedangkan regu putri Pramuka Penggalang Matahari dari Kwartir Cabang Banyuwangi berhasil membuktikan diri sebagai regu putri terbaik.

Pengumuman regu Pramuka Penggalang terbaik Jawa Timur 2017 itu dilakukan pada penutupan LT IV Jawa Timur 2017 di Bumi Perkemahan Sumberboto, Jombang, Rabu (12/7) malam. Penutupan itu dihadiri oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak AR Purmadi. Hadir pula forum komunikasi pimpinan daerah Jawa Timur dan ketua Kwarcab Jombang Kak Munif.

Regu king cobra dan regu matahari pun berhak mewakili Jawa Timur pada pelaksanaan Lomba Tingkat V Nasional yang akan diselenggarakan di Cibubur, Jakarta pada Oktober 2017 ini. Peringkat kedua dan ketiga regu putra adalah Kwarcab Kabupaten Malang dan Kwarcab Tulungagung. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga regu putri adalah Kwarcab Kediri dan Kwarcab Tulungagung.

Program rutin empat tahunan ini akan diikuti oleh 34 regu putra terbaik dan 35 regu putri terbaik dari 35 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kota/kabupaten se Jatim. Seluruh regu peserta LT IV Jatim adalah regu juara Lomba Tingkat III Regu Pramuka Penggalang di tingkat kota/kabupaten masing-masing. Masing-masing regu terdiri dari 8 orang Pramuka Penggalang.

Wakil Ketua Binamuda Kwarda Jatim Kak Hariadi Purwantoro mengatakan bahwa 1 regu juara putra dan 1 juara putri LT IV Jatim 2017 ini akan menjadi wakil Jawa Timur untuk mengikuti LT V Nasional 2017. “LT V Nasional akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta,” kata Kak Hariadi Purwantoro, yang juga ketua panitia LT IV Jatim 2017.

Kak Hariadi menjelaskan bahwa 33 jenis lomba dihadirkan pada LT IV Jatim 2017. “33 jenis lomba itu sudah menjadi ciri khas kegiatan Pramuka selama ini. Diantaranya giat ketangkasan dengan lomba berenang, memanah, menembak dan kesamaptaan,” ujar Kak Hariadi .

Pada giat keterampilan ada lomba pionering, english corner, robotika/line tracer, lukis mural, jurnalistik, iklan layanan masyarakat, fotografi, hasta karya, poster, obat tradisional dan mading. Pada giat wawasan kebangsaan ada lomba pidato kebangsaan, puisi kebangsaan, cerdas cermat dan pentas seni.

Pada giat keagamaan ada lomba doa sehari-hari dan beribadah. Pada giat umum ada lomba kedatangan, upacara pembukaan dan senam pagi. Ada juga lomba giat penjelajahan. Selain lomba pentas seni yang dilaksanakan pada malam hari, semua lomba digelar pagi dan siang hari.

Sementara itu, Lomba Tingkat (LT) Regu Pramuka Penggalang adalah program rutin Gerakan Pramuka. LT diselenggarakan berjenjang. LT I diselenggarakan di tingkat Gugusdepan Pramuka yang umumnya berpangkalan di sekolah. LT I diikuti oleh seluruh regu yang ada di gugusdepan yang bersangkutan.

Juara I regu putra dan regu putri LT I berhak mengikuti LT II yang diselenggarakan di tingkat kecamatan. Selanjutnya, juara I regu putra dan regu putri LT II berhak mengikuti LT III di tingkat kota/kabupaten. (ron)

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *