H-2, Persiapan Raimuna Nasional 2017 Capai 80%

Kegiatan akbar 5 tahunan, Raimuna Nasional XI tahun 2017 kurang dua hari lagi. Kegiatan yang akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut akan diikuti oleh 15.000 orang peserta. Mereka adalah Pramuka Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun) dari seluruh Indonesia. Pada Raimuna Nasional 2017 ini, mereka akan berkumpul, belajar, dan berdinamika bersama selama lebih sepekan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh panitia yang yang juga merupakan Pramuka Penegak dan Pandega. Hingga saat ini, persiapan menjelang pembukaan Raimuna Nasional XI telah mencapai 80%. Hal ini dituturkan oleh Wakil Ketua Sarana Pendukung Raimuna Nasional 2017 Kak Zaki. “Saat ini kita sedang kebut menuju upacara pembukaan Raimuna Nasional XI, meskipun dengan sumberdaya yang terbatas,” kata Kak Zaki.

Tentunya mempersiapkan kebutuhan kegiatan untuk 15.000 orang peserta tidaklah mudah. Diperlukan koordinasi antar bidang agar Raimuna Nasional XI sukses. Dalam perkemahan dengan skala peserta sangat besar ini, kebutuhan air bersih menjadi hal utama yang wajib terpenuhi guna menunjang kegiatan. “Kebutuhan air, listrik, dan kegiatan, secara umum sudah siap digunakan,” sambung Kak Zaki.

Air bersih dan listrik menjadi kebutuhan utama Raimuna Nasional 2017 yang akan diikuti oleh lebih dari 15.000 orang Pramuka Penegak dan Pandega se Indonesia ini

Raimuna Nasional XI tidak hanya diikuti peserta dari Indonesia. Peserta dari beberapa negara lain juga ikut serta. Sekitar 50 orang peserta mancanegara yang ikut diantaranya berasal Malaysia, Pakistan, India, dan Brunei Darussalam. Setiap peserta tersebut akan berbaur bersama. Peserta dari luar negeri juga bermalam di dalam tenda dengan ukuran kavling yang sama dengan peserta lainnya. Namun, mereka berada dalam 1 kabupaten yang sama, berbeda dengan peserta nusantara.

Kegiatan dalam Raimuna Nasional XI pun beragam. Misalnya, giat GDV (Global Development Village). “Ada 24 macam kegiatan dalam GDV yang akan diikuti oleh peserta,” kata Kak Zaki. Dalam GDV ini, peserta akan dibekali pengetahuan-pengetahuan umum, tidak hanya seputar kepramukaan. Sehingga, Pramuka tetap mengikuti perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Di dalam giat GDV diisi oleh berbagai instansi, kementerian, dan seputar teknologi saat ini,” tambah Kak Yudha Adhyaksa, ketua Dewan Kerja Nasional. Terlebih slogan Raimuna Nasional 2017 adalah KIBAR (Kreatif, Inovatif, dan Berkarakter). Harapannya, dengan slogan ini, pesertaakan lebih kreatif, inovatif dalam kegiatannya. Selanjutnya setelah kembali ke daerah masing-masing, peserta Raimuna Nasional mempunyai karakter yang kuat sesuai Satya dan Darma Pramuka.

Kegiatan sedianya sudah terkonsep dan dirancang dengan baik, namun beberapa kendala terkait fasilitas masih harus diselesaikan oleh panitia pelaksana. “Kendala saat ini berada dalam pembangunan tenda, karena hal ini kita bekerjasama dengan pihak luar,” tutur Kak Zaki. Namun, secara umum sudah siap digunakan, tinggal tahap akhir saja. “Sekitar 80% persiapan fisik sudah siap”, sambung Kak Zaki. (fan/ron)

Keterangan foto utama: Lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, terus berbenah diri menyambut Presiden Joko Widodo yang akan membuka Raimuna Nasional 2017

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *