Perkuat Kebersamaan Kebhinekaan dalam Mural

Ada yang berbeda dengan kegiatan Raimuna Nasional XI (Rainas XI) tahun 2017 kali ini. Biasanya, peserta berkegiatan setelah upacara pembukaan. Namun, pada Rainas XI ini, panitia tidak menyia-nyiakan waktu peserta untuk hanya berdiam diri, meskipun upacara pembukaan masihakan digelar esok (Senin, 14 Agustus 2017) oleh Presiden Joko Widodo.

Peserta yang sudah berdatangan, diajak perwakilannya untuk melakukan aktifitas secara bersama-sama. Yakni, membuat gapura dan melukis mural. Setiap kontingen daerah diwakili oleh 5-10 orang untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta, yang terbukti semangat dalam melukis mural.

Setiap kontingen daerah yang berpartisipasi dalam melukis mural, tinggal memberikan warna sesuai dengan petunjuk yang diinstruksikan. Sehingga, peserta tidak memulai melukis dari nol. “Tujuan utama melukis mural adalah untuk merekatkan kebersamaan diantara peserta se-Indonesia,” ujar Kak Indah, salah satu panitia bidang khusus Rainas XI 2017.

Mural yang telah dibuat akan ditempatkan secara khusus. Mural-mural tersebut diposisikan di sudut-sudut lapangan utama Rainas XI 2017. Selain sebagai bentuk apresiasi karya, juga sebagai sarana pembelajaran bagi peserta Raimuna Nasional 2017 itu sendiri. “Dalam mural ini ada ikon masing-masing daerah, sehingga mereka bisa tahu ikon daerah itu hanya melalui mural,” kata Dimas, salah panitia bidang khusus.

Selain mural, peserta juga akan mengikuti acara welcome party yang dilaksanakan di lapangan utama, Minggu (13/8/2017). Peserta bakal dihibur oleh penampilan Grup Band Nidji selama acara welcome party. Sedangkan pimpinan kontingen dan pembina pendamping mengikuti welcome party di Balai Kota Jakarta. Kegiatan pembina pendamping dilanjutkan dengan malam renungan menjelang Hari Pramuka. (fan/ron)

Keterangan foto: Perwakilan kontingen Jawa Timur pada Raimuna Nasional 2017 membuat mural kebhinekaan

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *