Presiden Jokowi Buka Raimuna Nasional 2017

Pesta Pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia, Raimuna Nasional XI, resmi dimulai hari ini. Pembukaannya bersamaan dengan upacara peringatan Hari Pramuka ke-56 di lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Senin (14/8). Presiden Republik Indonesia yang juga Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Kak Joko Widodo membuka secara resmi Raimuna Nasional 2017 itu.

Dalam sambutannya, Kak Jokowi meminta agar Gerakan Pramuka terus berbenah. Anggota Pramuka adalah generasi adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang sangat kreatif dan inovatif. Untuk itu, Jokowi berpesan agar gerakan Pramuka harus melakukan terobosan, jangan berpikir linear, jangan terjebak rutinitas dan monoton.

“Kita harus mendidik adik-adik Pramuka bukan saja latihan baris berbaris, cara membangun tenda, atau membuat simpul tali saja. Tapi juga harus memandu adik-adik Pramuka dalam disiplin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif,” kata Kak Joko Widodo dalam sambutannya.

Lebih dari 15.000 Pramuka Penegak Pandega dari seluruh Indonesia dan beberapa negara mengikuti Raimuna Nasional XI

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault melaporkan, acara Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka ini diikuti 15.000 Pramuka usia 16-25 tahun. Mereka berasal dari 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota dari wilayah NKRI dan beberapa negara sahabat. Selain Jokowi, hadir juga dalam acara ini Menpora Kak Imam Nahrawi, Sekretaris Kabinet Kak Pramono Anung, dan Ketua Umum PDI-P Kak Megawati Soekarnoputri.

Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional.

Ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Daerah (DKD) Jawa Timur Binar Bintang Putra Ananta mengatakan bahwa kontingen Jawa Timur menjadi kontingen terbesar pada Raimuna Nasional XI ini. “Kekuatan kontingen Jawa Timur pada Raimuna Nasional 2017 ini adalah 912 orang dan menjadi yang terbesar se-Indonesia,” kata Binar Bintang Putra Ananta. (ron)

Keterangan foto utama: Presiden Republik Indonesia Kak Joko Widodo membuka Raimuna Nasional XI bersamaan dengan puncak peringatan Hari Pramuka ke-56 di Cibubur, Jakarta

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *