Ribuan Peserta Raimuna Nasional 2017 Mulai Penuhi Cibubur

Ribuan peserta Raimuna Nasional (Rainas) XI tahun 2017 mulai memenuhi Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Tidak kurang dari 15.000 ribu orang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega akan turut menyukseskan kegiatan akbar 5 tahunan ini. Peserta yang berdatangan pun berasal dari perwakilan seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia.

Dari keseluruhan peserta, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menyumbang jumlah peserta terbanyak. “Total peserta dari Jatim sebanyak 912 orang, terdiri atas 456 putra dan 456 putri perwakilan 38 kwartir cabang se-Jatim,” ujar Kak Nafa Umami, Wakil Ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega Kwartir Daerah (DKD) Jatim.

Kwartir Cabang Bojonegoro mengirim peserta terbanyak sejumlah 36 orang. Sedianya, setiap kwartir cabang mendapat jatah 24 orang yang terbagi dalam 12 putra dan 12 putri. Namun, ada kwartir cabang yang tidak dapat mengirimkan perwakilan peserta secara penuh. Akibatnya, kuota tersisa disanggupi oleh Kwartir Cabang Bojonegoro. “Even akbar 5 tahunan harus dioptimalkan, tidak boleh ada sisa kuota peserta,” sambung Kak Binar Bintang Putra Ananta, Ketua DKD Jatim.

Kontingen cabang Bojonegoro menjadi kontingen cabang terbanyak dari Jawa Timur pada Raimuna Nasional 2017

Kedatangan kwartir cabang se-Jatim bervariasi di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta bervaiasi. Kwartir Cabang Kota Madiun adalah kwartir cabang pertama dari Jawa Timur yang tiba di Bumi Perkemahan. Kemudian disusul oleh Kwartir Cabang Kota Batu, dan kemudian Kabupaten Kediri.

Kegiatan yang akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Agustus 2017 yang bertepatan Hari Pramuka ke-56 ini memang sudah dinantikan oleh ribuan peserta Rainas XI 2017. Wajar saja, acara akbar 5 tahunan Pramuka Penegak Pandega ini tidak bisa diikuti oleh setiap anggota Pramuka.

“Harus menunggu 5 tahun lagi, itu pun jika masih diberi kesempatan dan tergolong dalam usia Penegak dan Pandega. Raimuna Nasional 2017 ini sudah aku nanti-nanti, Kak. Soalnya Rainas XI acara puncaknya Pramuka Penegak dan Pandega se Indonesia dan hanya 5 tahun sekali,” ujar Ervina, salah seorang peserta dari Kwartir Cabang Gresik.

Beragam harapan peserta pun diukir selama Raimuna Nasional 2017. “Dalam Raimuna Nasional 2017 ini saya berharap bisa mendapatkan banyak pengalaman, ilmu, dan teman yang bias diajak bermitra bisnis,” kata Ilyas, ketua DKC Sidoarjo. Banyak peserta juga berharap sepulang dari Rainas XI 2017 dapat membawa manfaat yang lebih sehingga ilmu yang diperoleh dapat dibagikan kepada teman-teman yang ada di gugusdepan. “Terlebih lagi bisa diadopsi untuk kegiatan di tingkat kwarcab,” sambung Ilyas. (fan/ron)

Keterangan foto utama: Kontingen cabang Kota Madiun menjadi kontingen pertama dari Jawa Timur yang sampai di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *