Pramuka Penegak ini dikenal pendiam oleh teman-teman dekatnya. Dia murah senyum. Pembawaannya kalem. Tapi, prestasinya luar biasa. Pada awal Agustus lalu, pada Final Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 yang digelar di Surabaya, dia mendapatkan medali emas. Firdaus Juliansyah, namanya.

Firdaus adalah Pramuka Penegak dari Gugusdepan pangkalan SMAN 12 Surabaya. Sebagai peraih medali emas Final Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017, dia pun berhak mendapat kesempatan berkunjung ke Korea Selatan sebagai hadiahnya. Dia meraih medali emas berbekal teknologi tepat guna (TTG) penyaring udara.

Penyaring udara itu berbentuk kotak berukuran 60 x 40 cm. Sementara ini dia masih menaruhnya di kamar rumahnya. “Udara di kamar jadi lebih bersih. Saya juga baru menyadari kotak penyaring udara itu bisa mengusir nyamuk. Penyebabnya, aroma pengharum dari jeruk yang dimasukkan ke dalam kotak tersebut,” kata Pramuka kelahiran Surabaya, 27 Juli 2001 ini.

Penyaring udara karya Firdaus dibuat bukan tanpa alasan. “Penyaring udara ini sesuai dengan masalah polusi udara dari asap dan debu yang dihadapi Surabaya,” terang Firdaus, yang tinggal di Jalan Kepatihan RT 3 RW 10 Gresik ini. Polusi yang dimaksud Firdaus dari asap adalah mulai polusi kendaraan bermotor hingga polusi pabrik.

Bahan untuk membuat penyaring udara ini, menurut Firdaus, mudah ditemukan. Orang tuanya pun ikut membantunya. Ayahnya mencarikan triplek, kayu, serta membantu menggergaji. Pemasangan kayu pun ditolong ayahnya. Sementara itu, ibunya menyiapkan serabut kelapa yang dibeli di pasar. Pelepah pisang dia ambil dari pohon di depan rumahnya.

Firdaus tidak hanya mendapatkan medali emas pada Finas Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 yang diselenggarakan Kwarda Jatim bersama Pemerintah Provinsi Jatim, serta didukung oleh Jawa Pos dan PT Mataram Paint (produsen cat Emco) ini.  Dia juga mendapatkan predikat Pramuka Terfavorit versi vote.

Firdaus mendapat dukungan dari teman-teman gugusdepan dan sekolahnya. Teman-teman dari Kwarcab Surabaya serta para guru SMAN 12 Surabaya juga memberikan suara kepadanya. Saat pameran di Lenmarc Mall Surabaya, stan TTG Firdaus termasuk yang paling ramai dikunjungi. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *