Athifa Raissa Putri, Pramuka Penggalang Garuda Kota Blitar

Pelantikan Pramuka Garuda Kwarcab Kota Blitar berbeda dari umumnya. Dilaksanakan pada Sabtu, 9 September 2017, pelantikan Pramuka Garuda itu dilakukan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional (Pusdiklatnas) Gerakan Pramuka, yang juga Waka Humas, Abdimas dan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Prof Suyatno.

Athifa Raissa Putri, Pramuka Penggalang dari Gugus Depan pangkalan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN 1) Kota Blitar, ialah diantara Pramuka Garuda yang dilantik. Athifa, panggilah akrab Athifa Raissa Putri, aktif Pramuka sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

Bagi Athifa, banyak pelajaran dan pengalaman yang mengesankan selama aktif Pramuka. “Banyak kisah duka lara dan konyol yang pernah saya alami. Diantaranya pada saat mengikuti Lomba Tingkat III Regu Pramuka Penggalang Kwarcab Kota Blitar,” kata belia kelahiran Blitar 20 Maret 2003 ini.

Pada LT III Kota Blitar 2017 itu, regu Athifa tersesat saat penjelajahan. “Pada LT III itu, teman saya juga ada yang hampir tenggelam,” kata Pramuka Garuda yang tinggal di Jl. Kalasan 60 Bendogerit, Blitar ini. Pengalaman bersama regu membawa tas yang kelihatan berat juga dirasakannya.

Pramuka  mengajarkan Athifa arti kerjasama. “Pramuka juga mengajarkan persahabatan yang selalu ada kapanpun dalam kondisi apapun. Pramuka is the best. Kegiatan menarik di Pramuka adalah kegiatan perkemahan,” ujar Athifa Raissa Putri, yang juga siswa MTsN 1 Kota Blitar.

Bagi Athifa, menjadi Pramuka Penggalang Garuda berarti dia memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi dan lebih besar dari sebelumnya. “Tanggung jawab terhadap diri saya sendiri dan tanggung jawab terhadap teman,” terang Athifa Raissa Putri. Nama baik gugus depannya siap dikibarkan dengan Pramuka Garuda yang telah dia raih.

Sementara itu, dalam penempuhan Pramuka Penggalang Garuda, Athifa telah meraih banyak tanda kecakapan khusus. TKK tingkat purwa yang dia raih adalah penabung, , juru kebun, menjahit, pengendara sepeda, juru masak, mencari jejak, pengaman kampung, penerima tamu, P3K, gerak jalan, dan pengamat. TKK tingkat madya yang dia raih adalah sholat, qori’, pengatur rumah dan pengatur meja makan. Sedangkan TKK tingkat utama yang dimiliki oleh Athifa adalah berkemah. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *