Kursus Selam Scuba Pramuka Jatim

17 orang Pramuka Jawa Timur mengikuti Kursus Selam Scuba Pramuka yang diselenggarakan oleh Scout Divers of Indonesia (SDI) di Pantai Pasirputih, Situbondo, 8-10 September 2017. Kursus Selam ini didukung oleh Kwarda Jatim, Kwarcab Situbondo dan Balai Konservasi Kelautan dan Perikanan.

Menurut Kak Zainudin Ghozali, ketua panitia, materi yang disampaikan pada Kursus Selam Scuba ini sesuai standar  internasional CMAS atau Confideration Mondiale des-Activities Sub-aquatiques, atau World Underwater Federation (WUF) yang berpusat di Roma, Italia. “Sebab Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia atau POSSI berafiliasi dengan CMAS,” kata Kak Ghozali, yang juga Andalan Daerah Kwarda Jatim.

Peserta Kursus Selam Scuba Pramuka Jatim saat penyelaman di Pantai Pasirputih, Situbondo

Pemateri pada kursus ini adalah Pramuka penyelam. Pemateri itu adalah instruktur POSSI Kak Djaka Santosa (andalan Kwarda Jatim), Dive Master Atjep RS  dari Scout Divers of Indonesia yang juga Dive Guide, Kak Parbo Hadi  dari Kwarcab Ponorogo, Kak Supeno  dari Kwarcab Nganjuk, Kak Masruki  dari Kwarcab Kediri, dan Kak Ditra Ayi K dari SDI.

Kak Ghozali menjelaskan bahwa tujuan kursus ini adalah memberikan bekal kemampuan menyelam sesuai standar internasional. “Sebagai bekal ketrampilan dan sekaligus bisa mendorong job creation di bidang penyelaman pekerja profesional, pekerjaan selam rekreatif dan penelitian,” jelas Kak Ghozali.

Pada kursus ini juga sekaligus dilakukan survey untuk melakukan project penanaman terumbu karang kerjasama antara Scout Divers of Indonesia Jatim dan Institut Teknologi 10 November Surabaya. (ron)

Keterangan foto: Peserta Kursus Selam Scuba mendapatkan penyematan brevet Selam Scuba di akhir kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *