Kegiatan Pramuka harus identik dengan alam terbuka. Bahkan, kegiatan Pramuka yang diselenggarakan dengan jumlah peserta banyak orang juga harus bisa menyentuh daerah-daerah yang jarang tersentuh atau berpotensi untuk dikembangkan.

Komitmen itulah yang terus dikembangkan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Kak Ahmad Timbul Prihanjoko, yang juga Wakil Bupati Probolinggo. Mangrove Center Pantai Duta, Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton, Probolinggo menjadi kawasan yang kini dipromosikan Kak Timbul menjadi tujuan wisata melalui kegiatan kepramukaan.

“Pramuka bukan hanya berkemah dan bernyanyi. Pramuka harus ambil bagian dalam menghidupkan potensi daerah, khususnya di Kabupaten Probolinggo. Misi kita di Pantai Duta melalui Kemah Hijau 2017 adalah mempromosikan Pantai Duta ini,” kata Kak Timbul yang lahir di Probolinggo, 18 April 1968 ini.

Melalui pelaksanaan Kemah Hijau 2017 Kabupaten Probolinggo pada 15-17 September 2017 itu, perekonomian masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai  Duta itu juga menjadi terangkat.

Kakwarcab Kak Ahmad Timbul Prihanjoko bersama kepala sekolah penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Probolinggo

“Lihat dampak dari penyelenggaraan Kemah Hijau ini, banyak pedagang makanan dan minuman yang merupakan masyarakat sekitar menjadi semakin bergairah perekonomiannya,” kata Kak Ahmad Timbul Prihanjoko, yang mendapatkan penghargaan Lencana Melati dari Kwarnas Gerakan Pramuka pada 2016.

Sementara itu, ‘Duta’ yang menjadi nama pantai itu diambil dari nama desa yaitu Randutatah. Keistimewaan dari pantai ini adalah pemandangan sunset yang begitu indah dan jelas di tempat paling timur dari Kabupaten Probolinggo. Destinasi ini pun, menurut sebagian besar pengunjungnya bisa disetarakan dengan Pantai Lombang yang berada di Kabupaten Sumenep, Madura.

Kawasan wisata ini sebelumnya dipromosikan sebagai mangrove center oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Namun seperti kebanyakan tempat, bermula dari postingan salah satu pengunjung di facebook dan instagram, akhirnya menjadi viral dan mencuat di sosial media. Terbukti dengan membludaknya pengunjung pada liburan akhir tahun 2016.

Pantai Duta menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis, yakni keindahan laut nan alami. Rimbunan pepohonan cemara nan hijau pastinya membuat liburan di pantai ini semakin asyik. Terlebih dengan hamparan pasir laut bersih, karena terbilang masih baru.
Bahkan terkadang kita bisa menikmati fenomena hiu tutul tampak dari kejauhan pantai pada saat-saat tertentu. Ubur-ubur pun terkadang juga bisa kita temukan ketika sedang musim pancaroba pada setiap tahunnya.

Di Pantai Duta Probolinggo ini juga disewakan ban serta perahu untuk menikmati pantai bersama dengan harga terjangkau. Harga tiket masuk Pantai Duta juga tergolong sangat murah. Hal tersebut merupakan daya tarik wisata keluarga yang dimanfaatkan pihak pengelola sebagai salah satu pelayanan dari destinasi wisata pantai Probolinggo.

Andalan pantai ini adalah fenomena sunset dengan ditemani desiran ombak dan angin pantai dibawah pohon cemara dimana ditata dengan berjajar rapi ditepian pantai. Hal tersebut diakui juga oleh pengelola wisata pantai merupakan salah satu faktor utama sebagai penarik minat ke tempat wisata ini. Maka tak jarang, meningkatnya animo pengunjung selalu pada sore hari saat matahari akan tenggelam. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *