550 orang Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak beserta pembina se Kabupaten Probolinggo mengikuti Kemah Hijau 2017 Kabupaten Probolinggo, 15-17 September 2017. Agenda tahunan itu diselenggarakan di Mangrove Center Pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Ketua Kwarcab Kabupaten Probolinggo Kak Ahmad Timbul Prihanjoko membuka secara resmi Kemah Hijau 2017 yang mengangkat tema ‘Menyatu dengan Alam’ itu malam hari, Jumat (15/9/2017). Tema ini sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017.

“Pramuka bukan hanya berkemah dan bernyanyi. Pramuka harus ambil bagian dalam menghidupkan potensi daerah, khususnya di Kabupaten Probolinggo. Misi kita di Pantai Duta melalui Kemah Hijau 2017 adalah mempromosikan Pantai Duta ini,” kata Kak Timbul, yang juga Wakil Bupati Probolinggo ini.

Kemah Hijau 2017 Kabupaten Probolinggo digelar di Pantai Duta, Kecamatan Paiton

Beragam kegiatan digelar pada Kemah Hijau 2017 Kabupaten Probolinggo ini. “Ada lomba mading 3 dimensi, lomba yel-yel, lomba tenda berseri, pengelolaan sampah berbasih 3R, konservasi pantai serta kehati, praktek pelayanan bank sampah, penanaman cemara laut, dan bersih-bersih pantai,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo Kak Rachmad Waluyo.

25 sekolah pangkalan Gudep Pramuka mengikuti Kemah Hijau 2017 Kabupaten Probolinggo ini. Sekolah itu adalah SMAN 1 Kraksaan, SMKN 2 Kraksaan, SMAN 1 Gending, SMAN 1 Dringu, SMA Tunas Luhur, SMP Nusantara Tiris, SMKN 1 Kraksaan, SMPN 2 Besuk, SMPN 3 Gading, SMPN 1 Gading, dan SMPN 1 Dringu.

Sekolah peserta yang lain adalah SMPN 1 Gending, SMPN 1 Pajarakan, SMPN 1 Sukapura, SMPN 1 Kota Anyar, SMPN 1 Sumberasih, SMPN 1 Leces, SMPN 2 Kraksaan, SMPN 2 Gending, SMPN 1 Tongas, SMP Bhakti Pertiwi, SMPN 1 Maron, SMPN 1 Lumbang, SMPN 2 Tongas dan SMPN 2 Sumberasih.

Selama Kemah Hijau 2017 Kabupaten Probolinggo, peserta menginap dalam tenda di Pantai Duta

Andalan Daerah urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Mochamad Zamroni yang menghadiri Kemah Hijau 2017 itu mengajak gugus depan di Probolinggo agar aktif melakukan upaya pengelolaan lingkungan hidup. “Semoga banyak Gudep di Probolinggo ini yang bisa menjadi Gudep Ramah Lingkungan Hidup,” ujar Kak Zamroni kepada Kakwarcab Probolinggo Kak Timbul di sela pembukaan.

Pada pembukaan Kemah Hijau 2017 Kabupaten Probolinggo ini, Ketua Kwarcab Probolinggo Kak Timbul juga menyerahkan penghargaan Bupati Probolinggo kepada Sekolah Adiwiyata Kabupaten Probolinggo, dan tanda penghargaan orang dewasa Gerakan Pramuka. Belasan gitaris Pramuka Kabupaten Probolinggo juga menampilkan lagu-lagu kebangsaan dan kepramukaan. (ron)

Keterangan foto utama: Gitaris Pramuka Probolinggo memainkan lagu-lagu kepramukaan dan kebangsaan pada Pembukaan Kemah Hijau 2017 Kabupaten Probolinggo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *