Gugus Depan 2547-2548 pangkalan SDIT Al Uswah Surabaya menggelar Kirab 1 Muharram 1439 Hijriyah, Rabu (20/9/2017). Aksi yang berlangsung pada hari terakhir pada tahun 1438 Hijriyah ini digawangi oleh kesatuan aksi Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 sekolah ini.

Aksi dibagi menjadi 3 titik. Pertama, Pramuka Siaga yang juga siswa kelas 1, mengusung kegiatan melukis indah. 111 Pramuka Siaga ini belajar finger painting atau melukis dengan jari dan telapak tangan bertema tahun baru Islam. “Lokasi melukis indah berada di halaman sekolah,” kata Kak Fita Amidanal Hikmah, ketua panitia.

Pramuka SDIT Al Uswah Surabaya peringati Tahun Baru Hijriyah dengan menggelar kirab dan beragam kegiatan

Titik kedua, Pramuka Siaga yang juga siswa kelas 2 dan kelas 3, mengusung cerita Islami bersama Kak Anshori. 168 orang Pramuka Siaga yang mengikuti cerita Islami ini melaksanakan kegiatannya di musholla. “Kegiatan cukup menarik perhatian anak-anak  karena penyampaiannya menggunakan media boneka,” tambah Kak Fita Amidanal Hikmah.

Titik ketiga yang merupakan puncak acara berupa Kirab Muharrom yang diikuti oleh Pramuka Penggalang yang juga siswa kelas 4,5 dan 6.  “Rute kirab dimulai dari sekolah, lanjut ke Keputih Utara, dan Jalan Arif Rahman Hakim Surabaya,” lanjut Kak Fita Amidanal Hikmah.

Selama kirab, 250 siswa yang terlibat menyuarakan shalawat Nabi Muhammad SAW. “Semua peserta aksi menyuarakan sholawat Nabi Muhammad SAW sebagai tanda tekad untuk berubah lebih baik untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Ketiga aksi ini diakhiri pukul 10.30 WIB dan dilanjutkan dengan makan snack,” tutur Kak Fita Amidanal Hikmah.

Berusaha untuk zero waste, tim konsumsi menyiapkan minuman dingin es teh dengan botol minum siswa sendiri sebagai media minum. “Tak sekedar aksi seremonial, kami berharap anak-anak semangat untuk berubah lebih baik,” ujar Ketua Panitia Fita Amidanal Hikmah. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *