Anggota Pramuka Gugus Depan 0883-0884 pangkalan SDN Poter 1 Tanahmerah, Kabupaten Bangkalan, belajar mendaur ulang sampah kertas. Sampah kertas yang didaur ulang adalah sampah kertas yang telah mereka kumpulkan di sekolah sejak lebih dari sebulan lalu.

“Pasca pembinaan lingkungan hidup bersama Kwarda Jatim (5 Agustus lalu), kami terus melakukan aksi pembuatan lubang resapan biopori. Kami juga memilah sampah khusus kertas dari masing-masing kelas,” kata Kak Aan Hari Wibowo, Pembina Pramuka Gudep 0883-0884 pangkalan SDN Poter 1 Tanahmerah, Bangkalan.

Andalan Daerah urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Mochamad Zamroni memandu para anggota Pramuka Penggalang itu mendaur ulang sampah kertas. “Membuat kertas baru dari sampah kertas lebih mudah daripada membuat kertas baru dari pohon,” kata Kak Zamroni.

Untuk memudahkan pemahaman para siswa sekolah dasar itu, Kak Zamroni membandingkan kertas bekas dengan ranting pohon yang diolah menjadi bubur kertas. “Lebih mudah kertas bekas diolah menjadi bubur kertas,” kata salah seorang anggota Pramuka yang mengikuti pembinaan lingkungan hidup itu.

Sampah kertas dibuat menjadi bubur kertas sebelum dicetak menjadi lembaran kertas baru

Pada pembinaan lingkungan hidup bersama mobil edukasi lingkungan hidup keliling Eco Mobile PJB – Tunas Hijau itu, Kak Zamroni juga menjelaskan bahwa mendaur ulang sampah kertas berarti menghemat air, listrik dan bahan bakar minyak. Sebagian dari mereka lantas diajak praktek membuat lembaran kertas baru dari bubur kertas yang baru saja dibuat.

Ketua Mabigus 0883-0884 yang juga Kepala SDN Poter 1 Tanahmerah, Bangkalan, Kak Suyati, menjelaskan bahwa program peduli lingkungan hidup sudah menjadi kegiatan rutin Pramuka di sekolahnya. “Dengan mendaur ulang sampah kertas yang telah mereka kumpulkan sebelumnya, mereka akan lebih bersemangat untuk mengolah sampah,” kata Kak Suyati. (ron)

Keterangan foto utama: Anggota Pramuka Gugusdepan 0883-0884 pangkalan SDN Poter 1 Tanahmerah, Bangkalan mendaur ulang sampah kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *