Anton Feriyanto, Pembina 4 Pramuka Teladan dari Ngawi

Empat orang Pramuka Penegak dari Provinsi Jawa Timur mendapatkan penghargaan Lencana Pramuka Teladan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Satu orang diantaranya menerima penghargaan itu langsung dari Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault pada Upacara Hari Pramuka ke-56 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Tiga orang lainnya menerima penghargaan dari Kamabida Jatim Kak Soekarwo, yang juga Gubernur Jawa Timur pada Upacara Hari Pramuka ke-56 Provinsi Jawa Timur di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Keempat Pramuka Penegak Jawa Timur penerima penerima Lencana Pramuka Teladan itu berasal dari satu gugusdepan yang sama, yaitu Gugusdepan 02.085 pangkalan SMK PGRI 2 Geneng, Kabupaten Ngawi. Mereka adalah Fajar Adi Permana, Jalis Dwi Muthohhar, Dwi Kurniawan dan Ahmad Hifni.

Fajar bersama Dwi Kurniawan dan Ahmad Hifni, yang juga menerima penghargaan Lencana Teladan di halaman Gedung Negara Grahadi. Mabicab Ngawi ikut menyertai

Ialah Kak Anton Feriyanto, 32 tahun, Pembina Pramuka yang berhasil ‘mencetak’ keempat Pramuka Penegak Teladan itu. “Alhamdulillah ini karunia dari Allah SWT yang kami syukuri. Sebenarnya tidak ada kiat khusus. Di gudep, dalam menjalankan kegiatan sesuai program tahunan dan disesuaikan kurikulum pembinaan bagi Pramuka Penegak,” kata Kak Anton Feriyanto.

Pembina dan peserta didik memang harus telaten dan tekun dalam berlatih. “Tidak bisa hanya peserta didiknya saja yang rajin berlatih. Pembina Pramuka harus rajin mendampingi peserta didik berlatih. Harus kompak antara pembina dan peserta didik,” terang Pembina Pramuka kelahiran Ngawi, 10 Februari 1985 ini.

Bagi lulusan S1 Pendidikan Fisika IKIP PGRI Madiun ini, pembina dan peserta didik harus terus belajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan. “Setiap tahap pembinaan harus dilalui dengan sungguh-sungguh. Itu yang kami kerjakan di gudep,” kata Kak Anton Feriyanto.

Banyak tantangan yang dihadapi untuk membina peserta didik menjadi Pramuka Teladan. “Tantanganya harus siap meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mendampingi adik-adik dalam berkegiatan. Intinya pembina harus totalitas dan tidak bisa setengah-setengah,” kata Kak Anton yang lulusan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Mahir Dasar Pusdiklatda Argasonya Kwarda Jatim ini.

Jalis bersama Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault dan pembina Pramuka-nya Kak Anton

Pembina juga harus terus memotivasi peserta didik supaya bersemangat mendapat prestasi. “Prestasi bisa beragam. Prestasi kepramukaan bisa diraih oleh setiap peserta didik karena banyak ragam prestasi yang ada. Yang penting bermanfaat untuk dirinya dan orang lainnya,” kata Kak Anton, yang juga guru di SMK PGRI 2 Geneng, Ngawi.

Membina Pramuka Penegak menjadi Pramuka Teladan prosesnya tidak singkat. “Mulai penempuhan Bantara. Dari Bantara ke Laksana. Kemudian syarat Pramuka Garuda. Dari awal menjadi Penegak Bantara, adik-adik sudah kami kondisikan. Artinya mempersiapkan diri untuk target ke Pramuka Garuda,” kata pembina yang tinggal di RT 09 RW 02 Rejosari, Sawahan, Kabupaten Madiun ini.

Peserta didik juga harus aktif kesakaan. “Prestasi akademik juga harus dijaga. Demikian juga dengan prestasi Pramuka. Harus memberi contoh yang baik bagi teman, keluarga dan masyarakat,” kata sekretaris Mabigus pangkalan SMK PGRI 2 Geneng, Ngawi ini.

Khusus proses ke Lencana Teladan, adik-adik yang lulus dan sudah dilantik menjadi Pramuka Garuda disiapkan untuk maju mengikuti seleksi Pramuka Teladan. “Disinilah tantangannya, karena pada prinsipnya Pramuka Teladan harus bisa menjadi contoh baik sikap, prestasi serta karya yang dapat menginspirasi Pramuka lainya,” tambah Kak Anton.

Keberhasilan dalam meraih penghargaan Pramuka Teladan tingkat nasional ini tidak terlepas dari dukungan, bantuan dan doa banyak pihak. “Kami sampaikan terima kasih kepada para pembina, pelatih, satuan karya, kwarran, Kwarcab Ngawi, serta Kwarda Jatim. Ini adalah keberhasilan kita semua dan semoga bermanfaat dan menginspirasi para anggota Pramuka sehingga dapat berprestasi dan berkarya untuk mengisi kemerdekaan,” lanjut Kak Anton. (ron)

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *