Mar’atul Fitriayu Azizah, Ketua Dewan Racana Putri Kanjuruhan Malang

Beragam pengalaman organisasi dimiliki oleh gadis ini. Mulai dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Tsanawiyah (setingkat SMP), OSIS SMA,  Al-Banjari + Samrah SMA, ekstra desain grafis, pelajar pelopor lalu lintas Kabupaten Pasuruan, Dewan Kerja Cabang Pasuruan, Dewan Kerja Ranting Purwosari, hingga marching band kampus perguruan tinggi.

Sejak 2014 hingga saat ini, dia aktif dalam Dewan Racana Putri Gudep 05332 pangkalan Universitas Kanjuruhan Malang. Mar’atul Fitriayu Azizah, namanya. Bahkan, sejak Desember 2016, saat Musyawarah Pandega, dia mendapatkan amanah sebagai ketua Dewan Racana Putri Kanjuruhan Malang, gudep yang berpangkalan di Universitas Kanjuruhan, tempatnya mengenyam pendidikan perguruan tinggi.

“Program unggulan kami ada di Dewan Racana ada dua. Yang pertama Giat Penegak Bangsa se-Jatim dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar Racana Kanjuruhan,” kata Mar’atul Fitriayu Azizah, yang semula tinggal di Perumahan Pesona Griya blok D9 RT 18 RW 08 Dusun Alkmar, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan 67162 ini.

Mar’atul Fitriayu Azizah bersama Dewan Racana Putri Kanjuruhan Malang

Dari sekian banyak organisasi yang dia pernah aktif, menjadi ketua Dewan Racana (KDR) Putri Gudep pangkalan Universitas Kanjuruhan yang paling berkesan. “Tantangan sebagai KDR putri adalah menyatukan sekian banyak isi kepala dalam satu visi yang itu tidak mudah. Menjadi pribadi yang sebenarnya biasa, namun sering disoroti tanpa terasa. Harus sering mengesampingkan ego demi organisasi,” terang Azizah.

Aktif sebagai Dewan Racana menjadi lebih berkesan karena kesempatan berinteraksi dengan Dewan Racana Perguruan Tinggi se Malang raya yang sudah digelar beberapa kali. “Bisa menerima kunjungan beberapa Dewan Racana untuk melakukan studi banding juga merupakan kebanggaan tersendiri,” jelas Pramuka yang lahir di Pasuruan, 1 Maret 1996 ini.

Aktif sebagai Dewan Racana Kanjuruhan juga membuatnya menjadi lebih mandiri dalam pengelolaan kegiatan. “Aktif di Dewan Racana Kanjuruhan Malang membuat saya lebih berpengalaman dalam pengelolaan kegiatan dalam skala yang lebih besar se-Jawa Timur,” terang Azizah yang kini tinggal di Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang ini.

Sementara itu, Pramuka sudah digeluti oleh Mar’atul Fitriayu Azizah sejak masih di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa. Keaktifannya dengan Pramuka terus berlanjut dengan menjadi Dewan Pramuka Gudep pangkalan MTs Darut Taqwa. Saat Pramuka Penegak, dia juga aktif di Gudep pangkalan SMAN 1 Purwosari. Dia bahkan aktif juga sebagai Dewan Saka Bhayangkara Polsek Purwosari, Pasuruan sebagai ketua. (ron)

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *