Subekti Wahono, Kemandirian Humas Kwarcab Tuban

Foto ekspresi peserta putri LT IV Jatim 2017 karya Kak Subekti Wahono, dari Kwarcab Tuban, terpilih sebagai Juara I Lomba Foto Liputan LT IV Jatim 2017 yang diselenggarakan Kwarda Gerakan Pramuka Jatim. Foto itu terpilih sebagai juara karena mendapatkan paling banyak suka melalui akun instagram @kwarda.jatim serta menjangkau paling banyak orang.

Kwarcab Tuban juga mendapat penghargaan Kehumasan Terbaik  Lomba Tingkat IV Regu Pramuka Penggalang Kwarda Jatim 2017. Alasannya, Kwarcab Tuban paling aktif dalam mempromosikan LT IV Jatim 2017 melalui beragam media promosi melalui media online seperti instagram, facebook dan juga website ‘blog’nya.

Ialah Andalan urusan Usaha Kwarcab Tuban Kak Subekti Wahono, yang membuat Kwarcab Tuban menjadi sangat memperhatikan kehumasan itu. “Semua berawal dari Pelatihan Jurnalistik Medsos Kwarda Jatim Mei 2017,” kata Kak Subekti Wahono, pelaksana Humas Kwarcab Tuban ini. Pada pelatihan itu, dia diajak memulai membuat website dan mengaktifkan media sosial Kwarcab Tuban.

Kak Subekti saat kegiatan gugusdepan

Berkat tangan dingin Pramuka kelahiran Tuban, 20 Januari 1980 ini, Kwarcab Tuban memiliki website yang sangat aktif. “Sedikitnya dua kali dalam sepekan ada update terbaru mengenai kepramukaan di Tuban. Hampir semua kegiatan Pramuka Kwarcab Tuban terpublikasikan dalam website dan media sosial Kwarcab Tuban secara tepat waktu,” tutur Kak Subekti yang sudah dua masa bakti ini menjadi andalan Kwarcab Tuban.

Alamat website Kwarcab Tuban yang dikelolanya adalah kwarcabtuban23.blogspot.co.id. Akun instagram Kwarcab Tuban adalah @kwarcabtuban. Sedangkan akun facebook yang dia kelola adalah Kwarcab Tuban. Dia juga aktif mempromosikan kegiatan kepramukaan melalui akun instagram probadinya @kakbex.

Banyak tantangan yang dihadapi Kak Subekti dalam mengelola kehumasan Kwarcab Tuban. “Tantangannya ya karena saya sebenarnya bukan humas, kadang kadang ewuh pakewuh. Tapi sering tidak saya hiraukan, yang penting syiar dan pencitraan Pramuka dapat tersampaikan,” terang Kak Subekti.

Kak Subekti saat latihan rutin di gugusdepan

Kadang-kadang karena bukan memang tugas sebenarnya bukan humas, maka dia tidak diundang. “Sering saya nekat berangkat sendiri dengan modal dan peralatan sendiri melaksanakan fungsi kehumasan Kwarcab Tuban,” terang Kak Subekti, yang mengaku aktif Pramuka sejak usia Sekolah Dasar.

Aktif sebagai humas Kwarcab Tuban tidak membuat Kak Subekti lupa dengan tugas utamanya sebagai Andalan bidang Usaha Kwarcab Tuban. “Yang jelas di setiap kegiatan sedapat mungkin menjalin kerjasama lintas sektoral dan perusahaan. Tuban itu Pramuka masih menjadi magnet. Yang paling sering kerjasama adalah PT Semen Gresik,” terang Kak Subekti Wahono.

Kak Subekti tergerak mengelola kehumasan Kwarcab Tuban bukan karena iming-iming anggaran. “Ini saja masih saya kelola secara mandiri. Sementara ini target awal adalah memberikan pemberitaan terupdate, khususnya kepramukaan, dari warta yang lain yang ada di Tuban,” jelas Kak Subekti.

Kinerja kehumasan Pramuka yang baik juga dia terapkan di gugusdepannya sendiri. “Di Gudep, kami sudah menjalankan baik blog, instagram dan facebook. Adik-adik dewan penggalang gugusdepan sudah punya pribadi maupun kelompok,” terang Kak Subekti Wahono.

Kak Subekti saat Pelatihan Jurnalistik Media Sosial Kwarda Jatim 2017

Lebih lanjut, Kak Subekti memiliki target kehumasan yang ingin diwujudkan. “Harapannya bisa mengintegrasikan seluruh kwartir ranting di Tuban dalam 1 sistem pemberitaan yang terkoneksi dengan Kwarcab Tuban. Pemberitaan kepramukaan di semua media Tuban juga intensif dilakukan,” harap Kak Subekti.

Sementara itu, Kak Subekti termasuk sosok yang lahir dan besar sebagai Pramuka. Saat masih usia Pramuka Penegak, dia pernah menjadi anggota DKR Semanding dan DKC Tuban selama 2 periode. Kak Subekti juga sosok pendiri Curhat Remaja Ronggolawe (CRR), serta ketua CRR Tuban selama 2 periode.

Sebagai anggota dewasa Pramuka, Kak Subekti juga pernah menjadi andalan ranting dan pembina lapangan regu mawar pada beberapa kali pelaksanaan LT IV Jatim. Dia juga telah merampungkan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Lanjutan (KPL). Jambore KRR (kesehatan reprosuksi remaja, Jambore Daerah Jatim, Jambore Nasional, East Java Scout Challenge, dan Indonesia Scout Challenge adalah diantara kegiatan yang Kak Subekti pernah bertugas sebagai pembina pendamping. (ron)

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares