Tipe Pelatih dan Pembina Pramuka

Dari sisi pengalaman dan kemampuan,  ada tiga tipe pelatih dan pembina pramuka.  Tipe pertama adalah operator.  Tipe ini hanya mempunyai kemampuan menjalankan sebuah tugas yang diberikan kepadanya.  Dia mampu mengoperasionalkan tugas-tugas individu yang dibebankan dengan baik. Tugas adalah tanggung jawab yang harus dituntaskan.
Tipe kedua adalah manajer.  Dia sudah melewati tahap operator.  Dia mampu mengelola manajemen dari sebuah tugas atau beberapa tugas.  Mengaitkan,  menghubungkan,  membedakan,  merencanakan,  melaksanakan,  dan mengevaluasi pasti dapat dijalankan dengan hasil benar dan baik.
Tipe ketiga adalah leader.  Tipe ini sudah mampu memimpin orang banyak di samping tugas yang dibebankannya.  Dia mampu sebagai operator dan manajer sekaligus.  Pengalaman memimpin baginya menjadi modal yang kuat untuk mempersembahkan hasil yang baik.
Pelatih dan pembina hebat tentu akan mendambakan tipe ketiga.  Untuk itu modalnya adalah berproses dan mengunyah pengalaman. Mereka yakin bahwa pengalaman adalah guru terbaik.  Tiada tugas yang berat baginya tipe leader.  Tanggung jawab menjafi menu utama untuk disuguhkan kepada anak buah dan orang lain. (Kak Prof. Suyatno)

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares