Gugusdepan 0883-0884 pangkalan SDN Poter 1 Tanahmerah, Kabupaten Bangkalan, menerima penghargaan dari Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Saifullah Yusuf. Penghargaan itu disampaikan atas capaian gugusdepan ini dalam membuat lebih dari 500 lubang resapan biopori pada tahun 2017.

Penghargaan itu disampaikan oleh Waka Kwarda Jatim Kak AR Purmadi di aula Kwarda Jatim kepada Kamabigus 0883-0884 pangkalan SDN Poter 1 Tanahmerah Kak Suyati, Kamis (7/12/2017). Penyerahan penghargaan itu juga disaksikan oleh perwakilan kwartir cabang Gerakan Pramuka kabupaten/kota se-Jawa Timur yang mengikuti pembekalan Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jawa Timur 2017.

Andalan Daerah urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Mochamad Zamroni menjelaskan bahwa pemberian penghargaan khusus dari Kakwarda Jatim ini adalah upaya untuk memotivasi gugusdepan di Jawa Timur agar aktif terlibat dalam gerakan pelestarian lingkungan hidup ini.

“Gugusdepan pangkalan SDN Poter 1 Tanahmerah ini memulai aksi pembuatan lubang resapan biopori sejak awal Agustus 2017. Dengan hanya memiliki 2 bor biopori yang dibelinya pasca pembinaan lingkungan hidup bersama Kwarda Jatim, mereka terus melakukan aksi biopori setiap pekan,” kata Kak Zamroni.

Kamabigus 0883-0884 pangkalan SDN Poter 1 Tanahmerah Kak Suyati menyampaikan kebanggaannya atas penghargaan yang diterima gugusdepannya. “Gugusdepan kami yang berlokasi di desa bukan menjadi penghalang kami untuk terus berprestasi dan peduli lingkungan hidup,” kata Kak Suyati.

Kak Aan Hari Wibowo, pembina gugusdepan ini, menyampaikan bahwa sebelum sampah organik khususnya daun diolah ke dalam lubang resapan biopori, sampah organik selalu dibakar di desa itu. “Setelah aksi pembuatan biopori digencarkan, kami malah kekurangan sampah organik,” terang Kak Aan Hari Wibowo. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *