1.224 orang mengikuti Pramuka mengikuti Jambore Cabang Tubang 2017 pada 22-26 Desember 2017 di Pantai Jenu, Tuban. Mereka adalah Pramuka penggalang yang menjadi peserta, pembina dan pimpinan kontingen ranting dari 19 kwartir ranting se Kabupaten Tuban.

Pembukaan Jambore Jabang Tuban 2017 ini digelar di Tanah Mas Sport Centre di Pantai Jenu, Tuban. Bertindak sebagai pembina upacara pada pembukaan ini adalah Kak HM. Miyadi selaku Ketua DPRD Tuban dan anggota Mabicab Tuban mewakili Bupati Tuban yang berhalangan hadir.

Ketua Panitia Jambore Cabang Tuban 2017 Kak Nur Khamid menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini Pramuka Penggalang Tuban diajak menjadi individu yang menyenangkan. “Kegiatan ini mengambil tema Keren, Gembira, Asyik serta bertekad menjadikan Pramuka  seorang patriot yang sopan dan kesatria,” kata Kak Nur Khamid.

Keikutsertaan kwartir ranting pada Jambore Cabang Tuban 2017 ini mencapai 98 %. Kegiatan jambore ini dikemas dalam berbagai kegiatan utama, diantaranya culture & art, kunjungan, gathering knowledge, live skill, satuan karya, scout adventure, gebyar kreatifitas, giat persaudaraan, upacara, kerohanian, dan perilaku hidup bersih sehat.

Pemukulan bonang oleh pembina upacara dipilih sebagai tanda dimulainya Pesta Pramuka Penggalang Bumi Wali Tuban ini. Dalam sambutan pembukaan Kak Miyadi mengatakan bahwa Jambore Cabang Tuban 2017 diarahkan untuk membentuk watak, disiplin, kepemimpinan, kemandirian dalam usaha membina serta mengembangkan diri pribadi seutuhnya baik fisik, intelektual, emosi, sosial dan spiritual sebagi individu dan sebagai anggota masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Tuban ini juga berharap Jambore Cabang ini bisa digunakan untuk menumbuhkan karakter adik-adik menjadi kader unggul bangsa serta ke depan Kwarcab Tuban bisa terus meningkatkan kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

Aksi lingkungan Gerakan Sejuta Lubang Resapan Biopori Pramuka Jawa Timur juga menandai pembukaan Jambore Cabang Tuban 2017 ini. Pembina upacara serta jajaran forum pimpinan daerah Kabupaten Tuban bersama melakukan aksi pembuatan lubang resapan biopori di lokasi upacara pembukaan.

Ketua Kwartir Cabang Tuban Kak Sulistyadi memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh panitia, peserta dan juga mitra kegiatan di antaranya PT Semen Gresik, Mangrove Centre Tuban serta Tanah Mas Sport Centre. “Dengan kerjasama ini Jambore Cabang Tuban 2017 bisa dilaksanakan sesuai rencana,” kata Kak Sulistyadi. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *