Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Daerah Jawa Timur sempat ‘tidur’ selama 15 tahun. Terakhir, Pertikarada Jatim digelar di Malang pada tahun 2002. Kini, Pertikarada Jatim  kembali bangkit.

Pertikara Daerah Jawa Timur yang berlangsung di Bojonegoro ini berlangsung selama empat hari, 2-5 Maret 2018. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin membuka kegiatan yang diikuti sekitar 2.000 orang Pramuka Penegak Saka Bhayangkara dari 39 polres, polresta dan polrestabes seluruh Jawa Timur itu.

“Adik-adik sekalian patut berbangga, karena pada hari ini, kita semua telah menghidupkan kembali kegiatan Pertikara Daerah Jawa Timur yang telah vakum selama 15 tahun terakhir ini. Terakhir kali diselenggarakan di Malang pada Tahun 2002,” kata Irjen Pol Machfud Arifin pada pembukaan Pertikara Daerah Jawa Timur Tahun 2018 di Bojonegoro, Sabtu (3/3/2016).

Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin menceritakan cikal bakal berdirinya Saka Bhayangkara. erawal dari kesepahaman Kapolri dan Ketua Kwartir Nasional pada Tahun 1996. Saat itu merasa perlunya menumbuhkan tunas bangsa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara ini merupakan salah satu bentuk kegiatan positif, yang bertujuan membentuk generasi penerus bangsa yang berdisiplin tinggi, bertanggungjawab, serta mampu mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif,” ujar Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin. Sehingga, insan muda tumbuh akan menjadi generasi penerus bangsa sadar kamtibmas.

Pertikara Daerah Jawa Timur Tahun 2018 di Bojonegoro ini dihadiri Bupati yang juga Kamabicab Bojonegoro Kak Suyoto dan Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro. Hadir juga Waka Binamuda Kwarda Jatim Kak Hariadi, Andalan Kwarda Jatim Kak Endang Soelistyowati dan Ketua DKD Jatim Binar Bintang.

Pertikara Daerah Jawa Timur 2018  ini mengusung tema ‘Dengan revolusi mental dan publik wujudkan generasi yang berkarakter, tangguh, sehat dan bersahabat’. (ron)

Keterangan foto: Pembukaan Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Daerah Jawa Timur 2018 di Bojonegoro, 3 Maret 2018. Foto: Ramadhani Ananta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *