Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Jatim 2018, Rabu (21/3/2018) di Restoran Agis Surabaya. Rakerda ini diikuti oleh sekitar 180 peserta yang terdiri dari pimpinan kwartir cabang, sekretaris kwartir cabang, dewan kerja cabang, dan  andalan Kwarda Jatim, pimpinan satuan karya Jawa Timur, pimpinan satuan komunitas JawaTimur serta Majelis Pembimbing Daerah dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarda Jawa Timur.

Melalui Rakerda Jatim 2018 yang dibuka Waka Kwarda Jatim Kak AR Purmadi ini, Kwarda Jatim memperkuat kelembagaan kwartir dan gugus depan di Jawa Timur dengan melaksanakan musyawarah cabang pada waktunya. Kwarcab juga dihimbau agar mendorong kwartir ranting untuk melaksanakan musyawarah ranting dan gugus depan untuk melaksanakan musyawarah gugus depan.

Selain itu, dalam upaya mencapai target program Kwarda Jatim yakni 5% dari anggota Pramuka adalah Pramuka Garuda. Kwarda Jatim menghimbau agar semua jajaran khususnya Kwarcab untuk menyukseskan program tersebut dengan memberikan pembinaan dan memproses peserta didik menjadi Pramuka Garuda.

Pencapaian 5% Pramuka Garuda harus selarang dengan peran pelatih dan pembina yang menjadi kendali penting kualitas pendidikan kepramukaan. Sehingga, pelatih dan pembina harus selalu meningkatkan kompetensinya agar mampu melatih dan membina bagi generasi jaman now, dengan memperhatikan petunjuk penyelenggaraan kwarnas terbaru.

Pada Rakerda ini pula, Kwarda Jatim meluncurkan kartu tanda anggota (KTA) Pramuka Jawa Timur yang sudah berbasis online. Data tersebut dapat diakses oleh masyarakat luas yang ingin mengetahui perkembangan data potensi Pramuka Jawa Timur melalui laman www.sipapramukajatim.or.id.

Kwarda Jatim berharap agar setiap kwarcab dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan baik serta melakukan sosialisasi kepada gugus depan di wilayahnya. Sehingga, target pendataan anggota Gerakan Pramuka Jawa Timur akan tuntas pada tahun 2018. (ron)

One thought on “Kartu Tanda Anggota Pramuka Berbasis Online Diresmikan pada Rakerda Jatim 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *