Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur akan menjadi tuan rumah kegiatan akbar pembina dan pelatih pembina pramuka nasional. Kegiatan itu ialah Karang Pamitran Nasional (KPN) 2018 yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada 13-19 Agustus.

KPN 2018 akan dilaksanakan di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Desa Lebakharjo merupakan desa bersejarah bagi Pramuka tidak hanya Indonesia melainkan Pramuka Dunia. Pasalnya, di desa ini pernah digelar kegiatan Perkemahan Wirakarya Asia Pacific Tahun 1976 dan World Community Development Camp (Comdeca) Tahun 1993.

Desa ini juga menjadi tempat pelaksanaan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 zona Malang. Desa yang berada di kaki gunung semeru ini kini hidup berdampingan dengan nilai nilai dasadarma. Kepramukaan benar benar melekat di perjalanan desa ini. Tak salah jika desa ini dijuluki Desa Pramuka.

Pada Karang Pamitran Nasional 2018 ini, para pembina dan pelatih pembina pramuka akan berpadu dan bersaudara, bergembira dalam makna, mengukir cerita dalam karya bersama pembina pramuka se-Indonesia.

Sampai Jumpa di Lebak Harjo, Desa Pramuka Dunia. Pastikan Kakak menjadi bagian penting dari pelaksanaan Karang Pamitran Nasional 2018 ini. (*)

Penulis: Mochamad Zamroni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *