Bulan Ramadhan, dengan amalan wajibnya puasa, bukan alasan untuk mengurangi aktivitas. Kegiatan Pramuka juga bisa dilakukan seperti biasanya. Gudep 01.080-01.081 pangkalan SMKN 1 Ponorogo menggelar Perkemahan Sabtu-Minggu di sekolah mereka (2-3/6/2018).

Beragam kegiatan dilaksanakan selama perkemahan dua hari satu malam itu. “Kami mengawali Persami ini pukul 13.00. Ada giat bagi takjil, buka puasa bersama, sholat taraweh berjamaah, hafalan surat pendek dan tadarus,” kata Kak Parbo Hadi, pembina gugusdepan.

Giat sholat tahajud berjamaah membuat Persami ini menjadi lebih bernuansa religi. “Kami juga ada giat makan sahur bersama dan sholat shubuh bersama. Persami ini diakhiri dengan pelantikan Pramuka Penegak Laksana,” kata Kak Parbo Hadi, yang juga kepala sekretariat Kwarcab Ponorogo ini.

Kak Parbo menjelaskan bahwa 477 anggota Pramuka gugusdepan ini dilantik menjadi Pramuka Penegak Laksana. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Gudep 01.080-01.081 pangkalan SMKN 1 Ponorogo Kak Munir Setiabudi. 13 dari 477 orang yang dilantik itu adalah laki-laki.

Dikatakan oleh Kak Parbo saat pelantikan, bahwa banyaknya anggota Pramuka Penegak Laksana yang dilantik harapannya akan berdampak pada banyaknya calon anggota Pramuka Penegak Garuda gugusdepan itu. “Tapi tantangannya adalah agenda praktek kerja industri yang harus mereka ikuti,” tutur Kak Parbo Hadi. (*)

Penulis: Mochamad Zamroni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *