Musyawarah Nasional (Munas) X Gerakan Pramuka dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia  Kak Imam Nahrawi di Hotel Clarion Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (26/9/2018). Munas ini dijadwalkan akan berlangsung hingga 29 September.

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur memanfaatkan pelaksanaan Munas ini untuk memamerkan potensi Pramuka Jatim dengan beragam program unggulannya. Diantara potensi Pramuka Jatim itu adalah jumlah anggota Pramuka yang terdata secara online dan terpadu sebanyak 1.111.988 orang.

Diantara program unggulan yang dipamerkan Kwarda Jatim pada Munas X ini di bumi Anoa ini adalah Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka. Pengembangan kegiatan bakti Pramuka Penegak dan Pandega ini telah dilaksanakan dua tahun berturut-turut pada 2017 dan 2018. Tiap tahunnya, Festival Wirakarya Kampung kelir Pramuka digelar di 11 zona dengan total 11.000 orang peserta.

Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jatim 2017-2018 juga dipamerkan Kwarda Jatim pada Munas X. Gerakan masal peduli lingkungan hidup Pramuka di seluruh Jatim itu berhasil merealisasikan pembuatan satu juta lubang resapan biopori, yang juga dikenal dengan spon bumi itu.

Gudep pangkalan SDN 1 Rengel, Tuban, yang menjuarai Lomba Gudep Unggul Nasional 2018 juga dipamerkan Kwarda Jatim pada Munas X ini. Demikian juga dengan Giat Prestasi Pramuka Penggalang Garuda Jatim 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Tulungagung pada dengan 435 orang peserta.

Pertemuan akbar Pembina dan Pelatih Pramuka se Indonesia, yaitu Karang Pamitran Nasional (KPN) 2018 di Desa ‘Pramuka’ Lebakharjo, Kabupaten Malang termasuk yang dipamerkan juga. KPN ini diikuti 4210 orang. Tidak terkecuali juga rencana Raimuna Daerah Jatim 2018 yang akan diikuti lebih dari 1700 orang Pramuka Penegak Pandega di Kabupaten Jombang.

Beragam buku Pramuka dan tabloid Genderang yang diterbitkan Kwarda Jatim termasuk yang menghiasi stan pameran Kwarda Jatim pada Munas X Gerakan Pramuka di Kota Kendari ini. (*)

Keterangan foto: Pimpinan Kwarda Jatim di stan pameran Kwarda Jatim pada Munas X Gerakan Pramuka di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara

Pewarta: Mochamad Zamroni

6 thoughts on “Kwarda Jatim Gelar Pameran Khusus pada Munas Pramuka di Kendari

  1. Semoga dengan ikutnya Pameran Khusus Kwarda Jatim di acara Munas X, memberikan inspirasi bagi Pramuka menjadi lebih baik
    dengan keunggulan – keunggulan yang dimiliki Kwarda, akan membawa perubahan yang berarti bagi Pramuka Indonesia
    Jaya selalau Pramuka Jawa Timur

  2. Wow. Sekali lagi wow!!!
    Menunjukan kepada perwakilan kwarda dari seluruh indonesia betala aktifnya kita dan betspa hebatnya kwarda jatim yg telah sukses mnyelenggarakan kegiatan”besar,KPN NASIONAL, Kampung Kelir dan Giat Prestasi pramuka Garuda, saya yakin di kwarda lain masih belum ada kegiatan yg se menarik ini

  3. Kerennnya jatim. Semoga pramuka kita menjadi lebih berwibawa dan bisa menjadi contoh ke kwarda2 yg lain di indonesia✊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *