Pramuka hebat pasti berasal dari pramuka yang hebat. Dialah pembina yang menjiwai kepramukaan sejak lama, lalu terakumulasi ke dalam strategi membina yang jitu. Siapa pembina yang demikian? Dialah pembina yang juga pernah menjadi pramuka dengan segala pengalamannya. Jadi, pramuka akan menjadi hebat jika di satuannya dipimpin oleh pembina yang juga pernah malang melintang di kepramukaan.
Tidaklah mungkin tupai yang seharusnya  lihai melompat dipimpin ayam yang tidak bisa melompat jauh. Harimau dapat lari kencang karena hewan buas itu berada di habitat yang sama. Harimau dapat tumbuh dan berkembang secara kodrati karena dipimpin oleh harimau juga.
Organisasi kepramukaan adalah sekumpulan pramuka yang khas dan unik. Tentu, organisasi tersebut akan tumbuh dan berkembang jika dipimpin oleh mereka yang berpengalaman kepramukaan yang baik pula. Kepramukaan tidak bisa dpimpin oleh orang yang hanya mampu di kepemimpinan dan manajemen semata. Dia harus punya bekal khas dan unik dalam kepramukaan. Dengan begitu, kepemimpinannya lengkap antara cipta, rasa, dan karsa. Begitu pula di satuan, pramuka hendaknya dipimpin oleh pembina yang kuat kepramukaannya.
Kita semua selalu ingin pendidikan maju dengan baik. Namun, kita lupa bahwa untuk menjadi baik kita harus berada pada totalitas dan keseimbangan. Kita tidak akan pernah tahu ragam ikan di laut dengan segala perniknya, jika kita tidak menyelam ke dalam lautan dengan serius.
Jadilah pembina yang hebat dengan cara menjiwai kehebatan itu sendiri. Pembina hebat adalah dirimu. Ikhlaslah membina dengan upaya keseimbangan. Jika adikmu ingin yang terbaik, pembina harus berupaya menyajikan yang terbaik. Jangan setengah-setengah melibatkan cipta, rasa, dan karsamu. Bertindaklah secara total. Selamat membina. (*)
Penulis: Kak Prof Suyatno, Kapusdiklatnas Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 

4 thoughts on “Memimpin Karena Sama

  1. Pramuka hebat berawal dari diri sendiri. Mengerti akan kekurangan dan kelebihan sendiri. Yang dapat memimpin diri sendiri menjadi pramuka yang hebat. Selain berkewajiban memimpin menuju kearah perubahan yang lebih baik, Pramuka yang memiliki jiwa kepemimpinan juga harus siap dipimpin. Belajar bersama, bekerja bersama membentuk karakter yang berkarakter

  2. sekarang banyak yg tidak punya backgound pramuka membina hanya karena punya ijazah KMD, itupun kadang karena tuntutan kuliah mereka mengikuti KMD

    bagaimana menyikapi hal seperti ini kak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *