5 orang peserta Musyawarah Nasional (Munas) X Gerakan Pramuka terpilih sebagai presidium, yaitu pemimpin jalannya persidangan. Satu diantara kelima orang itu ialah Kak AR Purmadi, ketua delegasi Kwarda Jatim pada Munas X ini. Kak Purmadi juga wakil ketua Kwarda Jatim.

Munas X di Kendari, Sulawesi Tenggara ini diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka pada 25-29 September 2018. Ketua dan delegasi Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka seluruh Indonesia, serta delegasi Kwarnas Gerakan Pramuka mengikuti forum nasional lima tahunan tersebut.

Pada Munas X ini, berdasarkan jadwal yang diedarkan oleh panitia, ada beberapa pembekalan yang diberikan. Pembekalan pertama adalah revitalisasi Pancasila dalam berbangsa dan bernegara oleh anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang juga Wakil Presiden RI ke-6, Kak Try Sutrisno.

Pembekalan kedua akan disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Kak Letjen TNI Doni Monardo. Ia menyampaikan seputar pembangunan karakter kaum muda dalam rangka bela negara.

Pada sidang pendahuluan, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault menjadi pemimpin sidangnya. Ia memimpin pembahasan dan penetapan agenda serta tata tertib Munas X. Kak Adhyaksa juga memimpin pembahasan pemilihan dan penetapan presidium Munas X Gerakan Pramuka tahun 2018.

Presidium sidang selanjutnya memimpin pembahasan Laporan Pertanggungjawaban Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2013-2018, yang disampaikan oleh Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault. Diteruskan penyampaian hasil kerja Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2013-2018.

Pembahasan berikutnya adalah perubahan AD/ART Gerakan Pramuka, Renstra Gerakan Pramuka masa bakti 2019-2024, dan Arah Kebiiakan Gerakan Pramuka 2014-2045. Kemudian pemilihan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 dengan mengutamakan musyawarah mufakat.

Setelah memilih ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, dilanjutkan pemilihan tim formatur, dan anggota LPK masa bakti 2018-2023. Ketua Kwarnas Gerakan terpilih masa bakti 2018-2023 kemudian dilantik oleh presidium sidang.

Munas 2018 ini  juga akan membahas masukan dari hasil Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra-Putri (Musppanitra) Nasional 2018. Musppanitra Tingkat Nasional ini telah diselenggarakan pada 22-24 September 2018 di Kendari, Sulawesi Tenggara. (*)

Keterangan foto: Kak AR Purmadi (dua dari kiri), presidium Munas X Gerakan Pramuka di Kota Kendari

Pewarta: Mochamad Zamroni

5 thoughts on “Waka Kwarda Jatim Kak Purmadi Terpilih Sebagai Presidium Munas X di Kendari

  1. Sukses untuk Kwarda Jatim,
    semoga tetap eksis Pramuka Jawa Timur di kanca Nasional, dan dapat membuat perubahan lebih baik
    SEMANGAT dan JAYA SELALU

  2. Jawa Timur luar biasa..
    Sukses Munas kak.. Semoga hasil nya membawa pengaruh besar bagi kemajuan Gerakan Pramuka
    Dari Jatim untuk Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *