Musyawarah Nasional (Munas) X Gerakan Pramuka digelar di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, 25-29 September 2018. Diantara agenda utama Munas X ini adalah memilih ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk periode 2018-2023.

Menyikapi salah satu agenda utama tersebut, Waka Humas, Abdimas dan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Prof Suyatno menyampaikan bahwa masa depan Gerakan Pramuka 5 tahun mendapat ditentukan pada Munas X di Kota Kendari ini.

Kak Prof Suyatno, yang juga kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka ini, menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka adalah organisasi yang sudah sangat matang. “Gerakan Pramuka seharusnya meniru organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang selalu mempercayai kadernya,” kata Kak Prof Suyatno.

Guru Besar Universitas Negeri Surabaya ini menjelaskan bahwa sosok ketua Kwarnas Gerakan Pramuka 5 tahun mendatang harus yang bisa memajukan Gerakan Pramuka tidak hanya pada periodenya menjabat sebagai ketua Kwarnas.

“Kalau hanya memikirkan kemajuan Gerakan Pramuka pada saat dirinya menjabat sebagai ketua Kwarnas, maka hanya langkah pintas yang akan ditempuh. Diantaranya dengan menjual aset-set Gerakan Pramuka,” terang Kak Prof Suyatno di lokasi Munas X, Kamis (27/9/2018).

Munas X ini, menurutnya, adalah saatnya kita mengimplementasikan pendidikan kepramukaan yang selama ini diajarkan kepada anggota muda Pramuka. “Sebagai pembina, kita sering mengajarkan anggota Pramuka untuk survival masuk ke hutan dengan kemampuan sendiri. Ini saatnya kita menerapkannya,” jelas Kak Prof Suyatno.

Hanya  yang merasakan pendidikan kepramukaan dengan benar yang bisa mengembangkan Gerakan Pramuka. “Hanya harimau yang bisa mengajarkan bagaimana seharusnya harimau,” tutur Kak Yatno. (*)

Keterangan foto: Dari kiri ke kanan: Kapusdiklatda Jatim Kak Indawan, Ketua DKD Jatim Kak Binar, Waka Binamuda Kak Hariadi, Sekretaris Mabida Jatim Kak Agus Samsudin, Waka Kwarda Jatim Kak AR Purmadi, Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa, Waka Binawasa Kak Bambang SW, Waka Gudep Sako Kak Sunyoto, Andu Binamuda Putri Kak Farida, dan Sekretaris Kwarda Jatim Kak Bambang Suyanto 

Pewarta: Mochamad Zamroni  

6 thoughts on “Munas X Harus Percayai Kader Pramuka

  1. Benar apa yang disampaikan oleh Kak Prof. Dr. Suyatno, M.Pd selaku Kapusduklatnas kita sebagai Pelatih maupun pembina sudah saatnya memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kadernya maju tidaknya sebuah organisasi pramuka.
    Kita sebagai kader pramuka sudah saatnya bisa memimpin dan bisa dipimpin, oleh karena kesempatan dan kepercayaan senior yg wajib kita dapatkan, dengan langkah kita mempersiapkan diri menjadi yang terbaik dgn memiliki kapasitas, dan kapabilitas serta komunikasi yg baik. sehingga kita bisa melaksanakanan amanah utk membagun karakter anak bangsa.

  2. Selamat dan sukses munas X 2018. Semoga dengan berganti kepengurusan ini bisa meningkatkan gerakan pramuka di indonesia,semakin banyak kegiatan,semakin inovatif.Ada usulan untuk meningkat kepramukaan dan sekaligus membentuk karakter siswa seharusnya pramuks dimasukan di dalam mata pelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *