KENDARI– Kak Budi Waseso terpilih menjadi Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023. Dia mengalahkan 3 kandidat calon lainnya melalui pemungutan suara dengan memperoleh 19 dari 35 suara.

Sementara itu, calon lainnya Kak Adhyaksa Dault memperoleh 14 suara, kak Jana Anggadireja memperoleh 2 suara, sementara kak Susi Yuliati mengundurkan diri setelah menyampaikan visi-misinya menjadi Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Pemilihan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka ini dilaksanakan dalam Musyawarah Nasional (Munas) X Gerakan Pramuka tahun 2018 yang digelar pada 28 September 2018 di Hotel Grand Clarion Kendari, Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya, dalam Munas X ini dilakukan pelaporan pertanggungjawaban kepengurusan Kwarnas masa bakti 2013-2018. Beberapa agenda lain seperti perubahan AD/ART Gerakan Pramuka, Renstra Gerakan Pramuka masa bakti 2019-2024, dan arah kebijakan Gerakan Pramuka 2014-2045.

“Hari ini sudah diputuskan saya menjadi Ka Kwarnas Gerakan Pramuka. Tentunya tidak ada lagi perbedaan diantara kita.  Ke depan saya ingin membangun Pramuka yang lebih baik. Hari ini sudah baik namun ke depan harus lebih baik. Tentunya semua harus berperan. Kita bangun bersama-sama untuk Gerakan Pramuka yang lebih baik,” ujar Kak Budi Waseso usai pemilihan.

Beliau mengatakan bahwa menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka merupakan suatu kehormatan. Sebab, hal tersebut merupakan amanah kepercayaan yang diberikan dari seluruh peserta Munas X tahun 2018.

“Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan Pramuka kepada marwah Gerakan Pramuka,” ujar Kak Budi Waseso saat sambutan sekaligus menutup kegiatan Munas X Gerakan Pramuka tahun 2018.

Munas X Gerakan Pramuka tahun 2018 di Kota Kendari ini diikuti oleh delegasi kwarnas dan 34 delegasi kwarda provinsi seluruh Indonesia. Masing-masing kwarda diwakili oleh 8 orang utusan. Total peserta Munas X mencapai 280 orang. (*)

Keterangan foto:

Kak Budi Waseso saat memberikan sambutan pasca terpilih sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka 2018-2023

Pewarta: Irfan Eko

Penyunting: Mochamad Zamroni 

4 thoughts on “Kak Budi Waseso, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2018-2023

  1. Semoga dengan terpilihnya kak budi waseso sebagai ka kwarnas masa bakti 2019-2024 bisa menjadikan pramuka di indonesia semakin lebih baik

  2. Selamat atas terpilihnya Kak Budi Waseso menjadi Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Semoga dengan kepemimpinan Kak Budi Waseso Gerakan Pramuka Lebih Baik ditahun 2018 – 2023 nantinya

    Terimakasih Kak Adyaksa yg sudah membawa pramuka menjadi organisasi yg disukai masyarakat dan anak”muda

  3. Semoga dengan terpilihnya Kak Budi Waseso sebagai Ka Kwarnas bisa membawa energi positif bagi Pramuka Indonesia, dan bisa menjadikan Pramuka sebagai wadah terbaik untuk menyalurkan hal2 positif bagi anak2 bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *