Lebih dari 1.000 anggota Pramuka Penggalang tingkat sekolah menengah pertama (SMP) mengikuti Lomba Jelajah Kota 2018, Minggu (11/11/2018). Lomba Jelajah Kota ini rutin diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo.

Lomba Jelajah Kota 2018 Sidoarjo ini dilaksanakan dalam rangka Hari Pahlawan 10 November. Lebih dari 1000 orang peserta lomba itu tergabung dalam 135 regu. Tiap regu berjumlah 8 anggota.

Dengan semangat kepahlawanan, peserta lomba keliling kota berjalan kaki dengan mengenakan seragam pramuka. Mereka memulai perlombaan dari SMK Antartika I Sidoarjo menyusuri jalan dari desa. Setelah melewati Desa Sidomulyo, peserta melanjutkan perjalanan menuju tempat finish di  SMP Negeri 1 Buduran. Jarak tempuh sekitar  4 km.

Peserta lomba menempuk jarah sekitar 4 kilometer

Pada Lomba Jelajah Kota 2018 Sidoarjo ini, panitia juga menyiapkan beragam lomba. Diantaranya lomba sandi, semaphore, dan morse. Ada juga lomba ketrampilan dan ketangkasan.

Ketua Kwarcab Pramuka Sidoarjo Kak Nur Ahmad Syaifuddin berharap dengan Lomba Jelajah Kota 2018 Sidoarjo ini bisa menguji ketrampilan mereka sebagai anggota muda Pramuka. Mereka juga dikenalkan dengan wilayah Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya.

“Pada akhirnya kemampuan dan ketrampilan mereka akan meningkat, memahami akan lingkungannya sehingga menimbulkan kecintaan serta rasa ikut menjaga  lingkungannya,” kata Kakwarcab Sidoarjo Kak Nur Ahmad Syaifudin.

Melalui lomba ini, para peserta juga diharapkan menjalin persaudaraan diantara meraka. “Lomba ini juga mendidik anggota muda Pramuka agar siap untuk menjadi pemimpin di masa mendatang,” kata Kak Nur yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Sidoarjo.

Kak Nur Ahmad juga berharap bahwa anggota Pramuka Sidoarjo khususnya, memiliki ketrampilan dan ketangkasan sehingga bisa mandiri dan menyelesaikan permasalahan di sekitarnya. “Pramuka tidak boleh hanya pintar akademik, tapi juga harus memiliki ketrampilan dan ini menjadi motivasi bagi siswa lain untuk aktif Pramuka,” ujarnya. (*)

Keterangan foto utama: Peserta Lomba Jelajah Kota 2018 Sidoarjo bersama Ketua Kwarcab Sidoarjo Kak Nur Ahmad Syaifuddin

Pewarta: Mochamad Zamroni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *