CARA KEREN BIKIN GUDEP RAMAH LINGKUNGAN

Hari ini sabtu, 30 maret 2019 sebanyak 15 Peserta Aksi pengumpulan Jelantah mampir ke SDN Kertajaya yang dipimpin kamabigus Kak Sutrisno yang baru memimpin sejaj 2 bulan lalu.

“Beberapa program Ramah Lingkungan yang sudah diterapkan adalah Kantin ramah lingkungan, gazebo banyak tanaman, Orang tua mendukung dalam menghias tanaman yang dipasang di setiap kelas. Ortu mengorganisir antar wali murid” Tutur Kak Diana sebagai Pembina Satuan Pramuka siaga.

Kak Diana yang sudah membina sejak 2015 di SDN Kertajaya juga menjelaskan Pembuatan program Gugusdepan melibatkan wali murid. Karena dukungan wali murid juga merupakan salah satu proses metode kepramukaan yaitu bermitra dengan orang dewasa.

Dia juga menyampaikan pencapaian SKU menggunakan TKK menjadi lebih keren, sehingga aktifitas terfokus pada poin2 SKU. Contoh penempuhan ke taman flora, karya wisata, dan lain sebagainya. Latihan rutin dilaksanakan 2 kali dalam seminggu, tiap Jumat ekskul wajib, sedangkan sabtu untuk anggota Pramuka yang ingin mengembangkan keterampilan kepramukaan.

Pelepasan Pramuka Penggalang melalui camping, jelajah kota dan Persami, dianpinru, dianpinrung, target setiap bulan ada anggota Pramuka Penggalang yang dilantik.

“Salah satu perubahan yang sudah terlihat dari anggota Pramuka yang sebelumnya manja tapi setelah ikut ekstra Pramuka mereka jadi lebih mandiri” sambil bersantai kak Diana menyampaikan hasil pendidikan Gerakan Pramuka di SDN Kertajaya.

Kak Munir yang merupakan Pembina Pasukan Penggalang juga menyampaikan program alumni berjalan 2 tahun. Alumni SDN Kertajaya diwadahi dalam ikatan antar alumni sejak Tahun 2016 ini berdampak baik bagi adik-adik anggota Pramuka. Para alumnis sangat senang untuk berbagi cerita kepada adik-adiknya, sehingga hal ini jiga menjadi pengalaman baru.

Fauzan Rijal Assuyuf salah satu Dewan Penghalang saat diwawancarai menyampaikan bahwa ikut Pramuka itu seru, cari pengalaman yang baik. Dia menceritakan kisah pagi ini saat pengumpulan jelantah dengan berjalan kaki bersama temannya lalu mampir ke warung dan pedagang kaki lima. “tadi dapat 1 botol kaca 800 ml dalam satu warung kak ” tutur anak kelas 5 SD ini yang juga hobby sepak bola sebagai penjaga gawang.

Selanjutnya Rahma Priatmaja Pratama putri yang rumahnya di nginden Surabaya, dia punya hobby bermain sepakbola sebagai penyerang. Dia menceritakan pengalaman seru ikut Pramuka saat lomba gudep unggul, karena kerjasamanya lebih tinggi, nggak egois, tolong menolong. Contohnya saat pembuatan pionnering.

Harapannya bisa jadi yang terbaik membanggakan, ulangan. Ujar anak yang punya cita-cita sebagai pelukis dan pengacara ini. Dia suka cerita sama orang tua, sehingga orang tuanya sangat memahami kebutuhannya. Salah satu pengalaman paling menarik menurutnya saat ikut Geladian Pemimpin Regu di sekolahnya, pada malamnya gak bisa tidur sampai dimarahin sama alumni, bolak balik ke kamar mandi dikira mules, padahal main-main didalamnya.

Tujuan Rahma ikut Pramuka agar berprestasi membanggakan orang tua. “jangan bikin sakit hati orang tia kak kalau jadi anak” katanya. Lalu dia menutup wawancara dengan sebuah kalimat buatannya sendiri “Percayadirilah terhadap sesuatu yang baru, karena kita harus percaya diri meskipun gak bisa, tetap yakin bahwa diri mampu”

Pramuka SDN Kertajaya mulai terlihat perannya sekitar 2 tahunan, dengan dimulai adanya Musyawarah Gugusdepan yang melibatkan komite, hingga terpilih Ketua Gugusdepan, dan struktur Mabigus. Salah satu visi gudepnya adalah program latihan pasti memiliki goal yang keren, contohnya mendatangkan ornag tua yang dilantik dan menyematkan. Hal ini secara psikologis akan membuat Orang tua selalu mendukung kegiatan kepramukaan karena terlibat dalam perencanaan program kegiatan.

“Prestasi bagian dari proses, bukan berproses untuk prestasi. Karena prestasi akan mengikuti kalau prosesnya benar” ujar Kak Diana Pembina Putri Satuan Siaga yang juga Purna DKD Jatim.

Kak Ketut selaku ketua gudep SDN Kertajaya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan peserta Pelatihan gugusdepan Ramah lingkunhan telah berkunjung ke Gudep. Beliai berharap mudah-mudahan apa yang sudah kita irkarkan hari ini, bisa bermanfaat untuk peserta didik anggota Gerakan Pramuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *