Pramuka Scouts Keren Bawean Aksi Peduli Ramadhan 2019

Ramadhan Keren 2019 adalah tajuk  safari ramadhan tahun ini. Dengan terus mengapresiasi anggota baik yang ada di Bawean maupun di luar Bawean, serta yang ada luar negeri, pergerakan sosial ini tetap berlangsung.

Awal Ramadhan kami menggelar musyawarah, disepekati pelaksanan safari ramadhan tahun ini dilaksanakan dalam 2 (dua) sesi seperti halnya tahun sebelumnya. Sesi pertama dilaksanakan tanggal 21 Mei 2019 dan sesi kedua akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2019 yang dimulai pukul 08.00 wib hingga pukul 20.30 wib setelah shalat tarawih.

Untuk sesi pertama sudah mengumpulkan sembako sebanyak 300 bingkisan@ 50.000,- dan sudah terdistribusi sebanyak 250 bingkisan.  Dengan lintasan pergerakan pendistribusiannya dimulai dari kampong  sebelah timur (dusun Tajung-Sungairujing-Sangkapura sampai dusun Telukemur-Kepuhlagundi- Tambak)  pulau Bawean.

Untuk sesi kedua, target sudah bisa mendistribusikan 200 bks lagi dari perolehan dana yang sampai saat masih terus mencair kerekening kami. Rencara lintasan pergerakan pendistribusiannya adalah mulai dari kampong bagian barat pulau Bawean (desa Sungaiteluk-Sangkapura) hingga batas distribusi akhir sesi pertama (Telukemur-Kepuhlagundi- Tambak).

Pencapaian Tujuan dengan terlaksananya kegiatan diatas, adalah munculnya intensitas dan solidaritas yang tinggi pada anggota itu sendiri untuk selalu bisa membantu orang lain, kepedulian yang responsive setiap melihat kejadian yang ada dilingkungan masyarakatnya, sehingga mendorong mereka untuk selalu melakukan tindakan yang bermanfaat kepada orang lain,  dan merekapun acap kali menawarkkan diri membantu sebagai tanda kepedulian.

Memang tak jarang, terutama pada saat penggalangan dana, ada saja yang mengusir dan menghina mereka, namun dihati mereka selalu saling mengingatkan,antara satu dengan yang lain “Satyaku kudarmakan, darmaku ku baktikan”  ucapan saat berlatih di gugus depan dalu. Dan kamipun memsupport mereka dengan “ Kebaikan tak akan lepas dari hinaan dan hujatan, tetaplah tersenyum dan selalu berbuat baik, Tuhan yang akan membalas kebaikan kita” dan “ generesi yang hebat adalah tak kan terbang dengan pujian dan tak kan pernah mundur dengan dihinakan”. Inilah kalimat yang menjiwai mereka sehingga mereka tetap selalu berbuat yang terbaik bagi masyarakatnya.

Sungguh suatu kebanggan, tak kurang pula yang selalu memberi support pada kami, baik dari kalangan pemeritahan setempat, para donator tetap yang setiap tahun menginfaqkan rizkinya lewat kami melebihi dari tahun sebulumnya, dan juga dari para tokoh agama “Inilah yang menjadi kebanggan saya, jika saya melihat anak muda yang selalu berbuat kemaslahan ummat, saya hanya bisa berdakwah lewat lisan, tapi kalian sudah melaksanakannya dimasyarakat “ kata Ustad Romli Pemangku pondok pesanteren Desa Tangjung Ori Tambak disela-sela kami istirahat di Masjid Sangar Sangkapura.

Penulis : Nurhan Jamil, SE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *