Idayati, Pemrakarsa Go Clean Kalianget

Dalam rangka Hari Bumi, aksi membersihkan pantai digelar di Pantai Kalianget, Kabupaten Sumenep. Aksi yang diprakarsai oleh Gugus Depan Pramuka Pangkalan SMPN 1 Kalianget, Sumenep itu diikuti oleh lebih dari 1000 orang relawan. 

Ialah Kak Idayati, Pembina Pramuka Gugus Depan pangkalan SMPN 1 Kalianget, Sumenep, yang menjadi pemrakarsa di balik penyelenggaraan aksi lingkungan hidup dengan anggaran NOL rupiah itu. Kak Idayati adalah purna peserta Workshop Gudep Jatim Ramah Lingkungan Hidup 2019 yang diselenggarakan Kwarda Jatim pada 29-31 Maret di Surabaya.

Menurut Kak Idayati, penyelenggaraan Aksi Bersih-Bersih Pantai Kalianget, atau Go Clean Kalianget ini, diilhami dari Bersih-Bersih Pesisir Tambak Wedi Surabaya pada hari kedua Workshop Gudep Jatim Ramah Lingkungan Hidup 2019.

Pemberitaan Radar Madura 22 April – Semaraknya pelaksanaan Go Clean Kalianget

Digelar dengan tanpa dukungan anggaran dari gudep/sekolahnya, Go Clean Kalianget ini justru mendapat dukungan dari banyak pihak. “Tantangan terberat menyiapkan Go Clean Kalianget adalah menggalang relawan bersih-bersih sampah di pantai dalam jumlah besar tanpa anggaran,” kata Kak Idayati yang juga guru Seni Budaya SMPN 1 Kalianget, Sumenep ini.

Kak Ida mulai menghimpun dukungan kegiatan dari media massa setempat. “Saya memberanikan diri mendatangi Jawa Pos Radar Madura di Sumenep untuk mendapatkan dukungan pemberitaan kegiatan di koran itu secara gratis, karena kami nol dana. Hanya punya semangat dan tenaga,” ungkap Pembina Pramuka kelahiran Bangkalan, 16 Juni 1972 ini.

Sebagian besar relawan Bersih-Bersih Pantai Kalianget ini berasal dari gudep pangkalan SD, SMP dan SMK se-Kecamatan Kalianget. “Dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep dan swasta lain berdatangan setelah pemberitaan awal kegiatan di koran. PT Garam juga menjadi sponsor kami,” terang penghobi mamasak ini.

Go Clean Kalianget diikuti lebih dari 1007 orang peserta/relawan

Yang lebih mengejutkan Kak Idayati pada aksi lingkungan hidup itu adalah keikutsertaan Wakil Bupati Sumenep Kak Ahmad Fauzy. “Akhirnya kami mendeklarasikan gerakan relawan bersih pantai di wilayah Sumenep. Yang semula hanya di Kecamatan Kalianget akan meluas se-Kabupaten Sumenep,” ujar Kak Idayati.

Agenda kedua Go Clean Up akan digelar pada Juli 2019. “100 persen didukung oleh Kamabigus SMPN 1 Kalianget, setelah sukses di Go Clean Up pertama yang ternyata menjadi event besar,” ujar pembina yang tinggal di tinggal di Perumahan Kalianget Paradise Blok B /7 Kalianget Barat, Sumenep.

Sementara itu, kesibukan menyiapkan gugus depan ramah lingkungan juga membuat Kak Idayati mulai menggemari instagram. “Semula saya puasa medsos. Kini saya membuat instagram hanya khusus kepramukaan dan yang mendukung ramah lingkungan saja,” tutur pembina lulusan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar 2014 ini.

Adik didik Kak Idayati juga berkampanye menggunakan poster untuk mengajak masyarakat peduli pantai

Di dalam akun instagram itu Kak Idayati membagikan ide sederhana yang mendukung gerakan ramah lingkungan yang nyata dia lakukan. “Saya mulai kampanye untuk diri sendiri dengan selalu membawa tas kain setiap kali belanja. Saya juga memulai bank sampah mengajak masyarakat sekitar,” kata guru yang juga penghobi seni kriya, menjahit dan baca puisi ini.

Kak Ida mengaku bahwa Workshop Gudep Ramah Lingkungan 2019 yang diikutinya membuat semangatnya peduli lingkungan hidup kembali bergairah. “Saya semangat menggalakkan bersih-bersih di sekolah serta memilah sampah organik dan organik,” terang Kak Idayati yang mengaku aktif Pramuka sejak kelas 4 SD ini.

Setelah aksi bersih-bersih pantai, Kak Ida akan merealisasikan Zero Waste Challenge Kakwarda Jatim 2019. Yaitu Perkemahan Pramuka minimal 2 hari 1 malam yang tidak menghasilkan sampah non organik kemasan makanan/minuman sekali pakai. Dia juga akan mengajak masyarakat sekitar rumah tinggalnya dan warga sekolahnya untuk mengumpulkan jelantah. 

Penulis: Mochamad Zamroni

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares