Kak Budi Waseso Membuka Rakernas Gerakan Pramuka

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional 2019 yang diikuti 315 peserta utusan pusat dan kwartir daerah di seluruh Indonesia. Rapat kerja itu berlangsung pada 26-28 Juni 2019 di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. 

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Kak Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menjelaskan tujuan rapat kerja ini untuk membahas program kerja setahun ke depan. “Ini jadi pedoman dasar untuk kita bekerja sehingga kegiatan pramuka memiliki arah,” ujar Kak Budi Waseso, yang terpilih sebagai ketua Kwarnas pada Munas Pramuka di Kendari, Sulawesi Tenggara akhir tahun lalu. 

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Budi Waseso mengatakan akan ada program kegiatan per bidang berikut dukungannya. Diharapkan akan ada hasil yang nyata dari kegiatan yang dilakukan kwartir nasional dan kwartir daerah di seluruh provinsi di Tanah Air.

Selama Rakernas, peserta akan membahas isu-isu strategis dan rekomendasi kepada Kwartir Nasional. Selain itu juga disampaikan hasil Sidang Paripurna Nasional Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega tingkat Nasional dan Daerah seluruh Indonesia yang berlangsung 24-25 Juni 2019 di TRW Cibubur. Dewan Kerja adalah wadah pembinaan bagi kaderisasi di Gerakan Pramuka.

Kwarda Jatim dan kwarda provinsi seluruh Indonesia mengikuti Rakernas ini

Selain dari Menteri Pemuda dan Olahraga, peserta akan mendapat masukan dari pejabat eselon Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pertahanan dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). 

Ada lima sidang kelompok di dalam Rakernas. Pertama, pembinaan anggota muda dan dewasa; kedua, satuan karya, satuan komunitas dan gugus darma; ketiga, kesekjenan, aset dan usaha, serta organisasi dan hukum; keempat, rencana pengembangan, kerja sama dalam dan luar negeri; kelima, kehumasan dan pengabdian masyarakat.

Pada saat Rakernas akan berlangsung penandatanganan kerja sama Kwarnas dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kwarnas dengan Yayasan WWF Indonesia. 

Rakernas akan ditutup oleh Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso pada Jumat, 28 Juni 2018. Para peserta akan membawa hasil Rakernas ini untuk bahan perumusan dan pelaksanaan kepramukaan di kwarda masing-masing. (roni)

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares