Workshop Literasi Kwarda Jatim Siap Melahirkan Pramuka Penulis

41 orang Pramuka Penegak, Pramuka Pandega dan Pembina Pramuka mengikuti Workshop Literasi yang diselenggarakan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Sabtu (29/6/2019). Peserta workshop yang diselenggarakan di aula Kwarda Jatim itu adalah mereka yang dinyatakan lolos dalam seleksi pembuatan artikel kegiatan.

Ketua Panitia Workshop Literasi Kwarda Jatim Kak Mochamad Zamroni menjelaskan bahwa workshop ini sebagai bagian dari pengembangan perpustakaan sekaligus menguatkan peran kehumasan Kwarda Jatim. 

“Melalui Workshop Literasi Kwarda Jatim 2019 ini, diharapkan akan semakin banyak literasi yang dihasilkan oleh Pramuka untuk masyarakat maupun untuk anggota Pramuka sendiri,” kata Kak Mochamad Zamroni, yang juga andalan daerah urusan lingkungan hidup Kwarda Jatim. 

Waka Humas, Abdimas dan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Kak Prof Suyatno, narasumber workshop ini, mengajak peserta workshop ini untuk senantiasa memberikan energi positif kepada masyarakat. “Bila kita memberikan energi positif, maka kita juga akan menerima energi positif juga,” kata Kak Prof Suyatno.

Energi positif itu, menurut Kak Suyatno, diantaranya melalui kegemaran menulis hal-hal positif. “Kegemaran menulis harus dimulai segera. Bila kegemaran menulis itu sudah dimulai, maka harus diteruskan,” terang Kak Suyatno.

Dalam membiasakan menulis, Kak Suyatno mengajak para peserta untuk tidak takut salah. “Gak usah takut salah. Harus berani berpikir bebas. Selanjutnya akan terlatih dengan sendirinya bila terus dibiasakan,” kata Kak Suyatno sembari mengajak para peserta menuliskan sebanyaknya kata yang berhubungan dengan obyek yang disebutkan dalam waktu yang sangat terbatas.

Sementara itu, Kak Zamroni, yang juga narasumber workshop ini, mengajak para peserta lebih terorganisir dalam mengelola media. “Saat ini, hampir setiap orang memiliki media, yaitu media sosial. Kita bisa mengelolanya secara profesional agar bisa menjangkau banyak orang,” kata Kak Zamroni yang juga pengelola media online Kwarda Jatim.

Beragam kiat untuk komunikasi dengan media massa juga disampaikan oleh Kak Zamroni dalam sesi penutup workshop ini. “Awali dengan mempelajari kebiasaan media massa yang akan kita ajak bermitra untuk pemberitaan. Selanjutnya lakukan kunjungan ke dapur redaksinya dan utarakan rencana kegiatannya,” terang Kak Zamroni.

Workshop Literasi Kwarda Jatim 2019 ini memang dilaksanakan sehari. Namun, banyak tugas dan tantangan yang diberikan para peserta workshop ini selanjutnya. “Kakak-Kakak diminta membuat minimal 3 artikel (liputan kegiatan kepramukaan atau opini) selama Juli 2019. Juga membuat minimal 25 artikel yang layak muat di media Kwarda Jatim hingga penghujung 2019,” terang Kak Achmat Maskurrohman, panitia kegiatan. 

Penulis: Faizah Hanun

Penyunting: Mochamad Zamroni 

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares