Pelatih Jatim Benchmark ke Pusdiklatnas di Jakarta

Rombongan pelatih pembina pramuka dari Jawa Timur mengikuti Benchmarking ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) Gerakan Pramuka di Cibubur, Jakarta; Kwarnas di Jakarta dan Pusdiklat Cabang Banyumas, Jawa Tengah. Kegiatan yang diikuti oleh 82 orang itu digelar 3 – 6 Juli 2019.

Rombongan pelatih Jawa Timur itu terdiri dari para pelatih Pusdiklat Daerah Jatim; ketua dan sekretaris Pusdiklat Cabang se Jatim; juga para pelatih cabang se Jatim. Rombongan itu menggunakan transportasi 2 bus.

Tiba di Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Cibubur, Kamis (4/7/2019), rombongan diterima oleh Kepala Pusdiklatnas Kak Prof Suyatno, yang juga Waka Binawasa Kwarnas dan Waka Humas, Abdimas, dan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim. Kak Suyatno menemui rombongan itu dengan jajaran pelatih Pusdiklatnas.

Beberapa pelatih pembina pramuka Jawa Timur saat di Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur

Kepala Pusdiklat Kwarda Jatim Kak Indawan mengatakan benchmarking itu untuk memberi wawasan para pelatih Jatim mengenai pengelolaan pusdiklatnas dalam pendidikan pelatihan kepramukaan.

“Benchmarking ini juga untuk belajar pengelolaan administrasi, sarana dan prasarana Pusdiklat. Juga untuk pengelolaan sumber daya manusia (pelatih) pusdiklat dalam menjalankan proses pendidikan dan pelatihan kepramukaan,” kata Kak Indawan. 

Kak Indawan berharap bahwa pasca kegiatan ini para pelatih di Jawa Timur semakin bisa  mengelola kursus dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan gugus depan yang berstandar unggul.

82 orang pelatih Jawa Timur, 4 hari pelaksanaan dan 2 bus digunakan pada Benchmark di Pusdiklatnas, Kwarnas dan Pusdiklatcab Banyumas

Kak Ikhsan, peserta dari Kwarcab Kediri, kunjungan ke Pusdiklatnas Gerakan Pramuka di Cibubur memberi pengalaman tersendiri. “Saya jadi bisa bereuni dengan jajaran pelatih Pusdiklatnas yang sempat bekerja bersama menyukseskan Karang Pamitran Nasional di Desa Lebakharjo, Kabupaten Malang pada Agustus 2018,” tutur Kak Ikhsan. 

Selanjutnya, rombongan pelatih pembina Pramuka Jatim itu mengunjungi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Mereka lantas melanjutkan perjalanan ke Masjid Istiqlal Jakarta dan Pusdiklatcab Banyumas di Provinsi Jawa Tengah. 

Penulis: Armynila Hardianto

Penyunting: Mochamad Zamroni

One thought on “Pelatih Jatim Benchmark ke Pusdiklatnas di Jakarta

  • July 4, 2019 at 3:12 pm
    Permalink

    Kegiatan yang baik bagi para pelatih bahwa perlu selalu belajar untuk membina diri dengan meningkatkan wawasan dan kecakapan semi tugas bakti bagi generasi. Terimakasih kepada Ka Pusdiklatda Jatim yang memfalisitasi giat ini.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *