Perkemahan Penggalang SMPN 1 Genteng, Banyuwangi

Gugus Depan 18.201-18-202 pangkalan SMPN 1 Genteng, Kabupaten Banyuwangi, mengadakan Perkemahan Bhakti Penggalang 2019, 9-11 Juli 2019 di Bumi Perkemahan Pantai Cemara Pakis, Banyuwangi. Kemah yang mengangkat tema “Brahmana Paksi Sunya Prinengga”,yang berarti kelakuan yang baik merupakan cerminan ketulusan hati yang sejati.

Perkemahan ini diikuti oleh 35 orang peserta. Mereka terdiri dari 20 orang putra dan 15 orang putri. Perkemahan ini juga diikuti oleh 14 orang pembantu pembina, 3 orang pembina, dan 2 orang penguji.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan adik-adik agar lebih bertanggung jawab pada perbuatan serta lebih berpengalaman dalam berkegiatan. Kegiatan ini juga sebagai persiapanmenujuJambore Daerah Jawa Timur 2019 yang akan digelar di Kabupaten Banyuwangi,” kata Kak Muhammad Nadherudin, koordinator pembina. 

Peserta Perkemahan Bhakti Penggalang 2019 Gugus Depan 18.201-18-202 pangkalan SMPN 1 Genteng, Kabupaten Banyuwangi

Ada banyak kegiatan yang dilaksanakanpada perkemahan ini. Diantaranyajelajah pengembaraan yang rutenya dari SMP Negeri 1 Genteng Sampai Bumi Perkemahan Pantai Cemara. Ada penempuhan tanda kecakapan khusus (TKK) tingkat purwa, madya,danutama. Ada kegiatan berkreasi hasta karya, dan bakti sosial,” ucap Kak Nadhe, sapaan Kak Muhammad Nadherudin. 

Kak Nadhe menjelaskan bahwa perkemahan kedua ini berbeda dengan yang sebelumnya dilaksanakan. “Perkemahan ini lebih berbobot dengan pengembaraan,  penempuhanTKK,  serta bakti sosial. Semoga akan tercipta banyak calon kader-kader muda penerus bangsa melalui perkemahan ini,” tutur Kak Nadhe. 

Pengembaraan yang dilakukan pada perkemahan ini menempuh jarak yang sangat jauh. “Jarak tempuh pengembaraannya setara dengan tingkat ujian Pramuka Penegak, yaitu perjalanan selama 15 jam dalam jarak sejauh 67 kilometer.  Pramuka Penggalang Lagensa (Laskar Genteng Satu) sungguh luar biasa,” ujar Altruis Arzak Surayya,peserta dari kegiatan tersebut.

Penulis : Destyan Nico P.

Penyunting: Mochamad Zamroni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *