Beragam Teknologi Tepat Guna Dibuat Finalis Kampung Kelir Pramuka 2019

Grand Final Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2019 telah digelar selama 3 hari di Area Wisata Halal Ngopi Bareng @ Pintu Langit, Dusun Jeruk, Desa Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, 1-3 Juli 2019. 

Beragam karya teknologi tepat guna ditampilkan oleh 44 orang finalis kegiatan bakti pengecatan dan pemugaran rumah Pramuka Penegak se Jawa Timur ini. Karya-karya itu diharapkan bisa membantu mengatasi permasalahan yang selama ini terjadi di sekitar masyarakat.

Ada karya teknologi yang terdiri dari 4 komponen, yaitu inovasi PLTA, sensor banjir, sensor getaran longsor, dan chip. Pada teknologi ini, PLTA berfungsi sebagai sumber energi bagi bekerjanya sensor. Sensor getaran bekerja jika tembaga kecil bergerak dan menyentuh lingkaran di sekelilingnya. Sedangkan sensor banjir bekerja jika ada peningkatan volume air. Chip berfungsi sebagai kontrol utama dari berfungsinya sensor.

Ada teknologi tepat guna ini berjudul monster pemakan sampah. Komponen produk ini terdiri dari pipa 1/2 dim, mesin mobil remote, jaring senar, baterai, dinamo, kabel, lembaran seng, pipa T, dan pipaL. Kegunaan dari produk ini adalah untuk menjaring sampah plastik yang ada di sungai.

Ada alat pemotong kentang manual karena di daerahnya mayoritas bekerja sebagai petani kentang. Komponennya yaitu plat galvanis, pipa stainless, stainless kecil, pisau dapur.  Dengan alat ini, masyarakat bisa lebih mudah dan cepat dalam memotong kentang. Alat ini tidak menggunakan aliran listrik, hanya menggunakan tenaga manusia.

Ada alat pemotong bawang dengan komponen utama yang mendasari alat ini yaitu dinamo DC 12 volt dan trafo. Alat ini sangat bermanfaat bagi para warga yang susah memotong bawang dan takut matanya pedih.

Ada Bambu filter, yaitu alat penjernih air yang terdiri dari bambu, jagrak air, kendi, dan pada bambu diisi dengan filter-filter alami yang mudah didapat seperti kapas, arang, tawas, dan jerami. Alat ini sederhana dan mudah dibuat. Masyarakat, khususnya daerah banjir, bisa menggunakannya. Air hasilnya dapat ditampung untuk cadangan air pada musim kemarau.

Penulis: Widya Hardiansyah

Penyunting: Mochamad Zamroni

Berbagi

One thought on “Beragam Teknologi Tepat Guna Dibuat Finalis Kampung Kelir Pramuka 2019

  • September 5, 2019 at 10:35 pm
    Permalink

    selamat ya juara dan tidak juara jgn berkecil hati masih ada hari esok

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares