Penerimaan Tamu Ambalan MAN 1 Banyuwangi

Gugus Depan 01.301 – 01.302 Ambalan Sidopekso – Sritanjung pangkalan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyuwangi melaksanakan kegiatan penerimaan tamu ambalan. Dilaksanakan pada 27-28 Juli 2019 di Bumi Perkemahan Buyukan, Kertosari, Banyuwangi, kegiatan ini mengangkat tema “Pramuka Membentuk Karakter Generasi Muda”.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik baru kelas X yang berjumlah 398 orang. “Dalam kegiatan ini para peserta diberikan materi dasar pramuka penegak, kepemimpinan, gerakan anti narkoba, dan bakti sosial,” ujar Sigit Adiyatma selaku ketua sangga kerja kegiatan . Tujuan kegiatan ini adalah kaderisasi, pelantikan dan pengukuhan anggota baru.

Sigit menambahkan bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan Ambalan Sidopekso-Sritanjung pangkalan MAN 1 Banyuwangi. “Semoga tahun depan, kegiatan yang dilakukan bisa lebih baik lagi dari yang sekarang. Semoga banyak anggota baru yang akan aktif berkarya bersama Pramuka di pangkalan MAN 1 Banyuwangi,” ungkap Kak Sigit.

Pengenalan kesakaan dari Saka Wira Kartika

Kesan menarik dirasakan oleh para peserta kegiatan ini. Wazirotus Sakinah, salah seorang peserta, misalnya.”Hal yang paling mengesankan bagi saya yaitu ketika menahan kantuk saat pentas seni hingga larut malam. Namun, sholat subuh tetap harus dilaksanakan bersama-sama,” ucap Wazirotus Sakinah.

Kegiatan dua hari satu malam ini banyak berpusat di lapangan sekitar sekolah. Seluruh peserta tinggal di dalam tenda dome bersama kelompoknya masing-masing. Sementara itu, bakti sosial yang dilakukan adalah pembagian sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar pangkalan.

Penulis: Destyan

Penyunting: Mochamad Zamroni

Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares